More

    Palawa Unpad Ekspedisi Gua Kars di Laos

    Prabowo Setyadi

    Mahasiswa Pecinta Alam PALAWA Universitas Padjajaran akan melakukan ekspedisi Gua Kars di Laos dengan nama Indonesia Padjadjaran Gigantic River Cave Ekspedition 2011 dari tanggal 29 November – 13 Desember 2011 mendatang. FOTO : PRABOWO SETYADI

    BANDUNG,KabarKampus— Mahasiswa Pecinta Alam PALAWA Universitas Padjajaran akan melakukan ekspedisi Gua Kars di Laos dengan nama Indonesia Padjadjaran Gigantic River Cave Ekspedition 2011 dari tanggal 29 November – 13 Desember 2011 mendatang.

    Jaya Siregar ketua tim ekspedisi mengatakan kenapa memilih Laos sebagai lokasi ekspedisi adalah untuk membandingkan kawasan kars yang ada di Laos dengan yang ada di Indonesia. Mereka akan meneliti,”Apakah sebagai area ekploitasi atau sebagai area konservasi,” kata Jaya saat konferensi pers di Executive Lounge Gedung 2 lt. 2 Kampus Unpad, Jl. Dipati Ukur, Jumat siang (25/11). Kawasan kars di Laos juga menurut Jaya masih jauh dari penambangan-penambangan liar, debit sungainya masih tinggi, dan kawan hutannya masih terjaga.

    - Advertisement -

    Untuk aksesbilitas menuju Laos, tim Palawa Unpad akan menuju ke Thailand terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan naik bis menuju sungai Mekong dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 6 jam untuk menuju desa Ban Thatot. Lokasi kedua di desa Ban Vieng, dan lokasi yang ketiga di desa Ban Non Ping.

    Masih menurut Jaya, tim ekspedisi ini juga telah mempersiapkan materi-materi penelusuran gua. Materi-materi tersebut adalah materi psikologis, dokumentasi, manajemen ekspedisi dan fisik.

    “Sebenarnya materi-materi tersebut telah didapatkan oleh anggota ekspedisi sewaktu seleksi menjadi anggota tim ekspedisi. Sehingga tim tinggal mengembangkan dan melanjutkan materi tersebut dalam ekspedisi ini, kita juga akan menyiapkan materi fotografi yang meliputi wilayah sekitar gua tersebut dan akan mensosialisasikan kepada masyarakat setempat” papar jaya.

    Ir. Kundrat Hidajat.M.sc selaku dari pihak PR III Unpad berkata kalau jumlah pembiayaan ekspedisi ini total adalah Rp 168 Juta rupiah. Kundrat Hidajat juga mengatakan siap untuk mendampingi tim apabila memang diminta oleh seluruh anggota tim. Namun sampai saat ini belum ada permintaan untuk itu.

    “ Lembaga PR III Unpad mendukung sepenuhnya ekspedisi ini. Ekspedisi ini sendiri adalah sebagai studi banding tentang bagaimana pengelolaan kawasan kars di Indonesia dan ASEAN. Sehingga hasil dari ekspedisi ini akan menjadi salah satu faktor untuk mengambil kebijakan di Indonesia mengenai kawasan kars.”

    Anggota tim yang akan berangkat dalam ekspedisi ini berjumlah 14 orang anggota PALAWA UNPAD yang berasal dari berbagai fakultas di Unpad. Dua orang perempuan dan sisanya laki-laki.

    Tim advance akan berangkat terlebih dahulu untuk memastikan kondisi dan barang-barang yang akan dibeli disana, sisanya akan berangkat setelah tiga hari keberangkatan tim advance. Tim ekpedisi ini juga telah melakukan simulasi di daerah Gombong Selatan. Tim akan mendirikan tenda didalam gua dan diluar gua. Namanya Himalayan taktik. Masuk-keluar-masuk-keluar. OK, Selamat Jalan dan semoga sukses.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here