More

    Perguruan Tinggi Motor Penggerak Perekonomian Bangsa

    Frino Bariarcianur

    ILUSTRASI Foto : BAPPENAS

    SURABAYA, KabarKampus—Peran Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dalam dunia kampus adalah wadah bagai para mahasiswa dan dosen untuk mengimplementasikan ilmunya dalam membangun Indonesia.

    Pernyataan ini disampaikan oleh Deputi Menteri BUMN Ir. Irnanda Laksanawan MSc Eng yang juga ketua IKA ITS saat menjadi pembicara dalam seminar “Peranan Perguruan Tinggi Dalam Program Implementasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)” di Gedung Robotika, Institut Sepuluh November, Surabaya, Rabu (23/11).

    - Advertisement -

    “Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan perekonomian bangsa sangatlah besar,” kata Irnanda, seperti dikutip dari HUMAS ITS Surabaya

    Ia pun mengibaratkan perguruan tinggi di Indonesia sebagai motor penggerak suatu bangsa. “ITS, ITB, UI dan perguruan tinggi lain adalah motor penggerak Indonesia, kalau salah satu mogok maka perkembangan bangsa ikut terganggu,” ujarnya.

    Jika mahasiswa enggan mendalami disiplin ilmu yang lain, mahasiswa tersebut dapat mengurangi daya saing seorang lulusan pergurutan tinggi. Menurutnya, seorang lulusan perguruan tinggi harus mempunyai daya saing yang tinggi. “Daya saing merupakan keyword penguatan ekonomi nasional,” kaa Irnanda.

    Dalam kesempatan bertemu dengan sivitas perguruan ITS, ia menghimbau agar bersikap proaktif menanggapi perkembangan zaman. “Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia harus berperan aktif dalam menjawab tantangan zaman untuk menyongsong kemajuan bangsa.”

    Selain Irnanda, hadir pula sebagai pembicara Ir Amir Sambodo MSi, staf Menteri Koordinator Perekonomian. Dalam pidatonya ia mengungkapkan bahwa MP3EI berakar dari banyaknya Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia yang belum dimanfaatkan. “MP3EI merupakan indikator kuantitatif juga capaian kualitatif pengembangan perekonomian di Indonesia,” katanya.

    Dalam seminar ini, turut hadir beberapa pembicara lainnya seperti Dr Ir Hermanto Dardak, Prof Ir I Nyoman Sutantra dan Dr Ir Nining Soesilo. Mereka menyatakan saling optimis bahwa kemajuan perekonomian bangsa akan segera tercapai.

    Seminar dihadiri kepala dan sekretaris jurusan, kepala laboratorium, pihak swasta serta organisasi mahasiswa (ormawa) di kampus ITS.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here