More

    Pengering Sepatu Kilat

    Ahmad Fauzan

    Shoes Drayer. FOTO : AHMAD FAUZAN

    JAKARTA, KabarKampus – Sepatu adalah modal wajib belajar di kampus,  namun hujan yang datang tiba-tiba seringkali tak bisa dihindarkan, sepatu pun menjadi basah.  Bagi mahasiswa yang hanya memiliki sepasang sepatu, hal ini  bisa jadi malapetaka  karena tak banyak dosen yang  memperbolehkan mahasiswa menggunakan sendal ke dalam kelas.

    Pengalaman tak bisa masuk kelas karena sepatu basah membuat mahasiswa semester  satu  Universitas Nasional, Haris, Selamet, dan Yaser   membuat alat pengering sepatu  kilat yang dapat digunakan kapan saja,  mereka menamakannya  Shoes Drayer.

    - Advertisement -

    Alat ini berukuran 80 x 50 cm, bentuknya seperti mircrowive atau pemanggang kue, terbuat dari plat besi, dan di dalamnya terdapat lampu hologen 500 watt dan kipas blower.

    Prinsip kerja alat ini yaitu lampu hologen  menggantikan panas matahari, sedangkan kipas menggantikan angin yang bertiup.  Hanya dengan  menyambungan kabel ke aliran listrik, Shoes  Drayer mengeringkan sepatu dalam waktu satu jam.

    Untuk membuat pengering sepatu ini, Haris, Selamet, dan  Yaser menghabiskan waktu selama satu bulan dengan  biaya sebesar 450 Ribu.  Menurut mereka alat ini terinspirasi dari  alat pemanggang kue dan  pengering helm. Mereka menyadari pengering sepatu yang mereka buat terlalu besar untuk sepasang sepatu, mereka merencanakan untuk membuat yang lebih kecil lagi.

    Mereka berharap alat ini dapat digunakan secara massal, baik untuk bisnis loundry, maupun digunakan di rumah. Alat dijamin tidak merusak sepatu.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here