More

    Mahasiswa Jakarta Siap Kawal Pemilukada DKI

    Ahmad Fauzan

    Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM DKI Jakarta Raya siap mengawal proses Pemilukada DKI Jakarta 2012. Mereka menghimbau pelaksanaan Pemilukada jujur, adil dan transparan. FOTO : AHMAD FAUZAN

    JAKARTA, KabarKampus—Sekitar 130 mahasiswa dari Aliansi BEM Jakarta Raya mendeklarasikan pengawalan terhadap pemilukada DKI Jakarta di Tugu Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (08/03). Dalam aksinya mereka mengusung proses Pemilukada DKI yang bersih, jujur, dan transparan.

    Aksi ini diikuti berbagai kampus di Jakarta seperti  UNJ, PNJ, Stei SEBI, APP, STT PLN, Trisakti, BSI, Stiami, dan UBL. Aksi dimulai dengan melakukan orasi di depan kantor Gubernur DKI Jakarta kemudian longmarch menuju Tugu Kuda untuk membacakan deklarasi.

    - Advertisement -

    “BEM Jakarta Raya siap mengawal Pilkada DKI Jakarta yang jurdil, sehingga menghasilkan pemimpin yang bersih, berkompeten dan layak memimpin Jakarta,” kata koordinator BEM Jakarta Raya, Roby Tri Wahyudi.

    Menurut Roby, seperti banyak diberitakan media massa, bahwa proses Pemilukada DKI Jakarta mengindikasikan banyak kecurangan. Untuk itu mereka menghimbau kepada semua bakal calon untuk tidak melakukan kecurangan dan menjunjung tinggi etika politik sehat, bersih dan santun.

    “Harus jujur, bersih, tegas, berani, pemimpin pro rakyat, visioner, bertanggung jawab dan adil,” kata Roby mengungkapkan kriteria Gubernur DKI Jakarta mendatang.

    Adi Indra, pengurus BEM Politeknik Negeri Jakarta menambahkan, bahwa mahasiswa Jakarta menginginkan pemilu yang jujur dan adil.

    “Aksi kami untuk mendukung KPUD Jakarta untuk menyelenggarakan pemilu yang adil dan bersih, karena kami melihat banyak kecurangan, seperti penggandaan KTP dan  jual beli KTP,” kata Adi.

    Adi menghimbau kepada KPU DKI Jakarta untuk tidak melakukan pengunduran  penyerahan berkas calon gubernur dan calon wakil gubernur perorangan yang merupakan bagian dari proses pilkada.

    Untuk mencegah terjadinya kecuurangan BEM Jakarta Raya juga akan membuka posko Pilkada Center di berbagai kampus di Jakarta pada Senin mendatang di Kampus UNJ. Pendirian posko ini akan diikuti kampus lain di Jakarta.

    Pemilu Umum Kepala Daerah DKI Jakarta diselenggarakan tahun 2012. Sejumlah calon telah mulai mencari dukungan ke beberapa wilayah di Jakarta. Mahasiswa pun tak lepas dari incaran para calon Gubernur DKI Jakarta. Kaka mahasiswa Jakarta siap mengawal Pemilukada DKI Jakarta? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here