More

    Manajemen Produksi Film Itu Penting!

    Pandhu Adjisurya

    Andibachtiar Yusuf sutradara film "Romeo Juliet" FOTO : Pandhu Adjisurya

    Pesta Film Nasional 2012 yang dimulai dari 25 Maret hingga 31 Maret 2012 diawali dengan dialog ringan sutradara film “Romeo Juliet”, Andibachtiar Yusuf. Sutradara yang sedang menggarap film barunya ini pun meluangkan waktu di sela-sela shooting break untuk menjadi pembicara di diskusi yang diharapkan mampu untuk menambah wawasan dari para pembuat film akan pentingnya manajemen produksi.

    Dalam diskusi yang akan diadakan di Lounge Moviebox Gejaran Yogyakarta ini Andibachtiar akan memberikan penjelasan mengenai manajemen produksi yang dia terapkan di film-filmnya terutama bagaimana sistem manajemen produksi di film barunya, “Hari Ini Pasti Menang”. Film ini pun mengambil beberapa set lokasi di Yogyakarta, salah satunya adalah Stadion Maguwoharjo.

    - Advertisement -

    “Dengan berdiskusi langsung dengan pembuat film langsung, maka diharapkan diskusi yang berjalan adalah diskusi mengenai sebuah sistem yang aplikatif. Dari situ akan banyak hal-hal yang akan didapatkan. Manajemen produksi dan pemasaran film adalah suatu hal yang harus mulai disadari sejak awal, bahwa ini penting.”, tutur Achmad R. Yazid programmer Pesta Film Nasional 2012.

    Selain mendiskusikan tentang bagaimana manajemen produksi film, sutradara yang juga menyutradarai film “The Conductor” dan “HOPE” ini juga akan memberikan tips-tips untuk strategi pemasaran film.

    “Pemasaran film memang menjadi salah satu yang harus mulai diperhatikan oleh para pembuat film karena film harus bertemu dengan para penontonnya. Film juga sebaiknya mempunyai tujuan, untuk apa film itu dibuat. Dari tujuan itu, akan didapatkan cara untuk memasarkannya. Tentunya dengan tahu siapa yang akan menjadi sasarannya. Tahapan-tahapan tentang memasarkan film akan banyak dibahas langsung oleh ahlinya.”, tambah Yazid.

    Diskusi yang akan berjalan dari pukul 14.00 hingga 15.30 ini akan menjadi pembuka rangkaian program Pesta Film Nasional 2012. Setelah diskusi akan ada pemutaran film pembuka “Pesta Film Nasional 2012” yaitu “VALENTINE”, yang merupakan film pertama yang diproduksi oleh Pabrik Film dan sudah menggelar roadshow pemutaran di 9 kota di Indonesia pada Februari 2012 yang lalu.

    Mari merayakan bulan film nasional, mari menonton ragam warna film Indonesia di Pesta Film Nasional!

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here