50 Kampus Bertarung Dalam Kontes Robot Nasional

Ahmad Fauzan Sazli

Ilustrasi Foto : Dokumentasi krn2012.itb.ac.id

 

BANDUNG, KabarKampus – Sebanyak 50 kampus di Indonesia akan mengikuti kontes robot tingkat nasional tahun 2012 yang akan diselengarakan di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung pada 29-30 Juni dan 1 Juli mendatang. Kontes robot ini terbagi dalam empat kategori yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia Pemadam Kebakaran (KRCI), Kontes Robot Cerdas Indonesia Robot Soccer Humanoid League (RSHL), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Kontes robot tingkat nasional ini diikuti 94 tim yang terdiri dari 24 tim KRI, 16 tim KRSI, 23 tim KRCI pemadam api beroda, 14 tim KRCI berkaki, dan 17 tim RSHL dengan total peserta 399 orang. Mereka berasal dari lima wilayah pertandingan tingkat regional, yakni wilayah I di STMIK Potensi Utama Medan, wilayah II di ITB, wilayah III di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, wilayah IV di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan wilayah V di Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Kontes robot tingkat nasional yang diselenggarakan DP2M Dikti ini membagi tema untuk masing-masing kategori antara lain, tema untuk Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan, untuk Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 adalah Robot Cerdas Pemadam Api, dan untuk Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) adalah Robot Penari Piring, tema ini diselaraskan dengan seni budaya asli Sumatera Barat.

Tim yang lolos seleksi dalam Kontes Robot Indonesia 2012 akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon 2012 yang akan berlangsung di Hong Kong, China, pada tanggal 19 Agustus tahun 2012, dimana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri. []

Leave a Reply

Your email address will not be published.