More

    Mahasiswa UNY Juara Java Paper Competition 2012

    Ahmad Fauzan Sazli

    YOGYAKARTA, KabarKampus Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi juara pertama Java Paper Competition 2012 yang bertajuk “Be The Greet Scientific People Through Innovation and Technology”di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mereka adalah tiga mahasiswa dari Tim UKM Penelitian UNY.

    Tim ini terdiri dari, Andri Kurniawan (Pendidikan Teknik Informatika), Yusron Mubarok (Pendidikan Teknik Otomotif), dan Fajar Mubarok (Pendidikan Teknik Sipil). Mereka menyajikan makalah berjudul Sistem Pencari Buku (Siriku), Implementasi Teknologi Informasi Berbasis SMS sebagai Fasilitas Tambahan di Perpustakaan.

    - Advertisement -

    Andri Kuniawan mengatakan, ide awal penulisan makalah didasari fakta bahwa telepon genggam telah menjadi bagian dari gaya hidup mahasiswa sebagai alat berkomunikasi dan menerima berbagai informasi.

    “Siriku sebagai aplikasi pencarian buku perpustakaan berbasis SMS ini terdiri dari sebuah komputer yang terhubung dengan modem. Software pada komputer yang digunakan untuk menerima dan mengirim SMS adalah Visual Basic 6.0 sebagai program utama dan software MySQL sebagai database buku” kata Andri seperti yang dilansir dari laman UNY, Rabu, (20/06).

    Menurutnya, hasil unjuk kerja dalam program ini dapat menerima dan mengirim SMS 160 karakter. Setelah user mengirimkan SMS ke nomor ponsel server sesuai dengan kata kuncinya maka server akan langsung membalas SMS tersebut yang berupa informasi status buku itu ada, dipinjam atau tidak ada. Jika buku tersebut tidak ada dalam database server maka server akan memberikan SMS balasan yang menjelaskan bahwa buku tersebut belum ada dan memberikan kata kunci lain untuk informasi buku.

    Java Paper Competition 2102 merupakan rangakaian acara Scientific Vaganza yang diselenggarakan oleh UKM SSC (Student Scientific Center) FMIPA Universitas Negeri Semarang pada Sabtu 9 Juni 2012 lalu. Java Paper Competition merupakan kompetisi yang merangsang kreativitas pengembangan inovasi dan teknologi bagi mahasiswa PT  se-Jawa. Peserta mengirimkan karya tulis yang memaparkan bentuk penelitian kecil untuk diseleksi terlebih dahulu. Kemudian sepuluh peserta terbaik diundang ke Universitas Negeri Semarang untuk mempresentasikan hasil penelitian dengan membawa produk dan menunjukkan poster kepada juri yang telah ditentukan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here