More

    Mahasiswa UNY Membuat Robot Pelacak Bom

    Ahmad FauzanSazli

    uny.ac.id

    YOGYAKARTA, KabarKampus -Teroris selalu punya cara baru untuk melakukan aksi teror bom. Tak sedikit aksi teror bom ini merengut korban jiwa. Bentuknya bisa berupa bom buku, bom rakitan dari paku dan pipa paralon, dan sebagainya.

    Untuk mengurangi dampak teror bom, mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY membuat robot pelacak bom. Mahasiswa ini adalah Doni Ermawan, Dedi Hermawan, Endro Tri Nugroho, Hasnanto Riantiarno dan Hadi Sutrisno.

    - Advertisement -

    Robot ini berfungsi mendeteksi adanya benda yang dicurigai sebagai bom pada radius 100–200 meter secara manual dengan komputer dari jarak jauh. Selin itu robot ini juga dapat memberikan gambar keadaan di sekitarnya.

    Robot ini dibuat dari, motor penggerak, motor servo sebagai lengan penjepit benda yang terdeteksi sebagai bom, pengendali, kamera atau webcam, sensor, controller, dan software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mendukung proses kontrol.  Software ini berfungsi menggerakkan robot dari jarak jauh.

    “Kekuatan robot terletak pada dua hal, yaitu motor penggerak dan webcam yang diletakkan di atas robot. Motor penggerak bisa menjadi alat penggerak robot melewati jalan berbatu dan berkelok, sedangkan kamera untuk melihat keadaan di sekitar area yang terdeteksi terdapat bom. Gambar-gambar yang tertangkap kamera ini nantinya diproses dan dikontrol melalui software di notebook,” kata Doni Ermawan, seperti dilansir dari laman UNY, (20/06).

    Doni mengungkapkan,  bahwa robot ini belum mampu mendeteksi keberadaan bom dalam skala besar yang diletakkan di beberapa ruang tertentu, karena belum peka terhadap sensor dinding.

    Hadi Sutrisno menambahkan, robot kreasi mereka ini masihlah prototype, nantinya akan lebih dimodifikasi bentuknya agar terlihat lebih baik dari sebelumnya. Bentuk robot ini  menyerupai mobil perang seperti tank. Selanjutnya akan ditambah beberapa fasilitas yang mendukung komunikasi dan kontrol terhadap robot yang lebih maksimal.

    Tim ini juga ke depan akan menambahkan sensor logam pada robot, sehingga akurasi dalam mendeteksi benda yang diduga bom menjadi lebih baik. Mereka berharap robot ini dapat mempermudah pencarian benda yang dicurigai sebagai bom.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here