More

    Puluhan Robot Cerdas Bertarung di ITB

    Ahmad Fauzan Sazli

    Robot Tari ITB. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    JAKARTA, KabarKampus – Puluhan robot dari seluruh Indonesia bertarung pada ajang Kontes Robot Nasional (KRN) 2012 di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung, Sabtu, (30/26). Kontes robot yang diikuti 94 tim dari 50 kampus ini bertarung dalam empat kategori yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Pemadam Api, Kontes RoboSoccer Humanoid League, dan Kontes Robot Seni Indonesia.

    Pada hari pertama, salah satu kategori robot yang dipertadingkan adalah Kontes Robot Indonesia Pemadam Api, robot ini melaksanakan misi untuk mencari dan memadamakan api lilin dalam arena berbentuk simulasi interior suatu rumah. Pada kategori ini robot dituntut  kemapuannnya secara cerdas dan mandiri untuk bernavigasi dan bermanuver dalam menyelesaikan misinya. Robot yang berhasil menemukan dan memadamkan api tercepat dinyatakan sebagai pemenang.

    - Advertisement -

    Kategori lain adalah RobotSoccer Humanoid League (RSHL) dua tim robot masing-masing terdiri dari tiga buah robot. Setiap tim robot secara cerdas dan mandiri melakukan strategi untuk mencari, membawa, dan menedang bola ke gawang. Tim yang memasukkan bola terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

    Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Djoko Santoso mengatakan, bahwa  ajang ini merupakan ajang pembelajaran bagi mahasiswa Indonesia yang cerdas.“Tugas kami adalah mendidik mereka dan memberi semangat tinggi agar tidak gampang menyerah,” kata Djoko.

    Menurutnya output dari kegiatan ini perlu singkronisasi antar dunia pendidikan sebagai produsen, profesi, dan industri sebagai konsumen.

    Kegiatan yang diselenggaran dari tanggal 30 Juni – 01 Juli 2012 ini tidak hanya dihadiri tim robot, namun sejumlah suporter turut meramaikan acara ini.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here