More

    Ratusan Warga IPB Minum Susu Bersama

    Ahmad Fauzan Sazli

    ILUSTRASI / cipgor.wordpress.com

    BOGOR, KabarKampus – Memperingati Hari Susu Nusantara 2012, Civitas Akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) minum susu bersama di Aula James Humuntal Hutasoit Fakultas Peternakan (Fapet) Kampus IPB Dramaga, Rabu (6/6). Ratusan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan kader PKK, Posyandu dan Posdaya dari desa lingkar kampus minum ratusan susu segar produksi Fapet IPB.

    “Bismillaahirrohmaanirrohiim. Mari kita minum susu segar, agar tubuh bugar dan otak pintar,” kata Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr Luki Abdullah, mengawali minum susu bersama.

    - Advertisement -

    Ia mengatakan, dengan kampanye minum susu bersama ini diharapkan kita selalu ingat bahwa ada sumber pangan yang sangat penting di tengah-tengah kita, yaitu susu.

    Di tempat yang sama, Direktur Pengolahan Pangan Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian RI, Ir Nazaruddin, menjelaskan, bahwa FAO atau Badan Pangan Dunia telah mendeklarasikan Hari Susu Sedunia, yang dimaksudkan untuk menyebarluaskan manfaat susu, makanan cair yang bermanfaat bagi tubuh.

    Dalam kesempatan itu, mereka sepakat, bahwa konsumsi susu bangsa Indonesia masih sangat rendah, yakni hanya 11,09 liter per kapita per tahun. Dengan angka ini Indonesia masih ada di bawah Vietnam yang sudah mencapai 12,3 liter susu per kapita per tahun.

    “Artinya masyarakat kita hanya minum susu beberapa tetes saja per hari,” kata Dr Luki seperti yang dilansir dari laman IPB, Kamis, (07/06).

    Kegiatan minum susu bersama ini juga dirangkai dengan seminar yang menghadirkan akademisi bidang pengolahan susu Dr. Rarah dan Kepala Poliklinik IPB Dr. Sri Budiarti. Masing-masing mengusung makalah berjudul “Komponen Bioaktif Susu dan Manfaatnya” serta “Pentingnya Minum Susu”.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here