98 Tim Robot Line Folower Bertanding di UGM

Ahmad Fauzan Sazli

FOTO : Dokumentasi Humas UGM

YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Jurusan Elektronika dan Instrumentasi (elins) FMIPA UGM menggelar kontes Robot Line Follower Ebootec (Elins Robo Competition) di FMIPA UGM, Yogyakarta, Minggu, (15/07). Kontes robot ini dikuti 98 tim robot yang terdiri dari 40 tim robot SMA dan sisanya dari berbagai perguruan tinggi antara lain, UII, UGM, PENS ITS, UI, ITB, dan ITS.

Elins Robo Competition merupakan acara tahunan mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM, tahun 2012 adalah tahun kedua kontes tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa dan siswa dalam memajukan robotika nasional.

Menurut ketua panitia Fariz Alemuda, jenis robot ini umumnya paling digemari  dan dikembangkan mahasiswa. Karena cara kerja lewat robot line follower merupakan tahap dasar dalam pengembangan robot tahap lanjut.

Alasan memilih jenis robot line follower, menurut Fariz, karena jenis robot ini umumnya paling digemari oleh mahasiswa. Bahkan cara kerja lewat robot line follower merupakan tahap dasar dalam pengembangan robot tahap lanjut. “Robot ini yang banyak dikembangkan mahasiswa. Dasar dari teknologi robot saat ini,” ujarnya.

Fariz mengungkapakan, dalam kontes robot line follower, robot harus mampu mendeteksi garis dari sensor yang dipasang di robot tersebut. “Kemampuan robot dalam mengikuti rintangan berupa garis hitam berkelok dalam waktu paling cepat mencapai finish dianggap sebagai pemenang.”

Menurut Fariz,  saat perlombaan berlangsung tidak jarang robot tidak bisa melaju. Bahkan ada yang melaju namun keluar dari lintasan. Panitia memberi kesempatan tiga kali, yang tidak bisa menyelesaikan tugasnya, maka akan didiskualifikasi.

Pemenang dalam kontes ini pemenang berhak mendapatkan penghargaan berupa tropi gubernur, bupati, dan rektor beserta uang pembinaan.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.