FIB UI Gelar Jepang 2012

Ahmad Fauzan Sazli

Ilustrasi / FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

DEPOK, KabarKampus – Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (HIMAJA FIB-UI) menggadakan Gelar Jepang 2012 yang berlangsung pada 13-15 Juli 2012 di Pusat Studi Jepang UI dan Boulevard UI, Depok, Jumat, (13/07). Gelaran kedelapan belas tahun ini mengangkat tema Embrace the Future, yaitu tentang pentingnya teknologi ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap alam.

Gelar Jepang 2012 (GJUI 2012) dibuka dengan penampilan grup kolintang ‘Kawanua’ yang tampil membawakan 3 lagu, kemudian dilanjutkan dengan tari-tarian Jepang.

Dalam sambutannya, Dekan FIB-UI, Dr. Bambang Wibawarta mengatakan bahwa acara ini bermanfaat untuk membangun komunikasi yang baik agar dapat mengetahui mindset budaya lain, khususnya budaya Jepang. Bambang menambahkan, dengan mempelajari budaya asing, mahasiswa diharapkan dapat semakin menumbuhkan kecintaan terhadap budaya sendiri dan tidak malah terjebak menjadi agen asing.

Pada Gelar Jepang 2012 pengunjung dapat mengikuti berbagai hal terkait budaya Jepang, seperti omikoshi, obakeyashiki, cosplay contest, lomba pidato, lomba fotografi, games, bazaar, dan lainnya. Kemudian seminar bertema kepedulian dan teknologi baru yang ramah lingkungan, serta workshop terkait kebudayaan Jepang seperti, Komik Igo (catur Jepang), Japanese Class, Chanoyu (upacara minum teh), Gundam, dan Robot.

Selain itu panitia akan menampilkan pertunjukan Taiko dan Yosakoi, band beraliran musik Jepang, serta bon adori (tari tradisional) dan juga hanabi (pesta kembang api).[]

Komentar Kita

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.