Pertunjukkan Tari Piring oleh Robot

Pertunjukkan Tari Piring oleh Robot from frinobarus on Vimeo.

Frino Bariarcianur

Rangkaian acara Kontes Robot Nasional 2012 yang digelar di Sasana Budaya Ganesha Budaya (Sabuga) Bandung, 30 Juni – 01 Juli 2012 lalu telah usai. Dalam acara bergengsi tersebut kita dihadapkan dengan karya-karya anak muda Indonesia yang luar biasa.

Salah satu kategori yang ditunggu adalah kontes robot yang mampu membawakan tari tradisional asal Minang yakni Tari Piring.

Robot-robot cerdas tersebut diprogram sedemikian rupa hingga terlihat seperti orang yang menari. Prosesnya cukup rumit dan menantang. Mahasiswa-mahasiswa harus membuat program khusus agar robot tersebut mampu menari.

Lucu, menggemaskan dan membuat bangga siapa pun yang melihatnya.

Robot-robot itu berlenggak-lenggok, membolak-balikkan piring mengikuti irama. Ups! Ada yang jatuh. Ada juga yang karena desain bajunya membuat si robot tidak bisa berjalan.

Akhirnya juri memutuskan untuk Penampilan Artistik Terbaik Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) diraih oleh ERISA dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Untuk desain terbaik diraih Rosebir dari UGM

Dan pemenang pertama dari sekian robot penari piring itu adalah V-yu dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Untuk juara II diraih ROSEBIR UGM, Juara III ERISA Politenik Elektronika Negeri Surabaya dan pemenang harapan diraih oleh ACE Universitas Kristen Maranata.

KabarKampus bersyukur bisa menyaksikan langsung karya-karya terbaik anak muda Indonesia ini. Dari kontes yang tidak begitu banyak disaksikan orang –kecuali suporter tim—kami percaya bangsa Indonesia punya masa depan yang cerah.

Setuju? []

Komentar Kita

comments

About admin

KabarKampus diterbitkan oleh PT Cita Insan Cemerlang berdiri tahun 2011. Menyuguhkan informasi dunia kampus di Indonesia.

Connect

View all Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.