More

    Ramadhan di Kampung Suronatan

    Kegiatan setelah tarawih

    Oleh : Anindha Lutfika Reni 

    - Advertisement -

    Bulan Ramadhan selalu berkesan di Kampung Suronatan. Di kampung yang mayoritas muslim ini aku bisa mengikuti beberapa kegiatan rutin di bulan ramadhan. Semisal, pagi mendengarkan ceramah subuh di Masjid, sehabis itu jalan-jalan bersama adik-adik Suronatan, siang dan sorenya ngabuburit bareng, lalu magrib kami takjilan, setelah itu tarawih berjamaah. Namun ada yang berbeda dari tarawih-tarawih yang lainnya,kalau di kampungku anak-anak putri rata-rata usia 3-12 tahun dijadikan satu sholatnya dan di bawah kepanitian Nasyiatul Aisyiyah yang kebetulan juga aku terlibat dalam organisasi  tersebut.

    Di tempat tarawihku setelah selesai sholat adik-adiknya masuk di kelas masing-masing dan diberikan keterampilan atau materi agama dan pengetahuan yang sekiranya bisa menambah wawasan adik-adiknya. Contoh kegiatannya membuat kerajinan berbahan flanel lalu ada juga perlombaan seperti lomba bercerita nabi, lomba shalat jenazah dan masih banyak lagi. Selain itu kami juga mengajarkan adik-adiknya untuk menabung yang nantinya tiga hari sebelum lebaran akan di bagikan kembali ke adik-adiknya.

    Untuk sholatnya kami panitia juga membuat jadwal imam isya dan tarawih untuk panitianya supaya paham dan mengerti imam yang baik dan sesuai agama itu yang bagaimana. Setelah kegiatan sehabis tarawih selesai kami semua mengikuti tadarus keliling yang biasanya kita berkeliling ke rumah-rumah donatur yang bersedia menyediakan tempat untuk kita. Ada juga kegiatan yang lebih menarik yaitu kampungku setiap tahun mengikuti lomba takbiran se-Kecamatan Ngampilan dan kami pun sering memenangkan lomba tersebut.

    Pemuda dan pemudi di kampungku sangatlah kompak, kami sering mengadakan event bersama untuk semua adik-adik Suronatan. Kalau yang anak-anak putra rata-rata usia 3-12 tahun sholatnya jadi satu di bawah kepanitian pemuda Muhammadiyah. Senang bisa berkumpul dengan adik-adiknya dan beruntung bisa terlibat dalam organisasi ini yang sangat memberikanku manfaat yang banyak. Bisa mengajarkan aku untuk belajar menjalin relasi dengan baik dengan semua warga Suronatan dengan melibatkan adik-adiknya untuk berpartisipasi dalam semua kegiatan di kampung Suronatan. Ramadhan di Kampung Suronatan tak kan pernah terlupakan dan tak kan pernah tergantikan.Dengan kegiatan ini memudahkan semua komponen untuk tetap selalu menjaga silaturahim antara pemuda pemudinya dengan adik-adik di Suronatan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here