Gitar Bambu Dari Bandung

Ahmad Fauzan Sazli

Agam Hamzah memetik gitar bambu buatan Indonesia Bamboo Society dari Bandung di JCC Senayan, Jakarta, Minggu , (02/09). FOTO AHMAD FAUZAN SAZLI

JAKARTA, KabarKampus – Alat musik dari bambu tak kalah keren dari alat musik modern. Begitupun  gitar yang terbuat dari bahan bambu. Tak hanya bentuknya yang unik suara yang dihasilkan pun mengandung unsur bambu.

Gitar Bambu ini dibuat oleh Indonesia Bamboo Society dari Bandung. Untuk pertama kalinya gitar bambu ini dimainkan dalam pertujukan Festival Bambu Nusantara oleh gitaris senior Adang Hamzah. Dengan gitar bambunya Adang bekolaborasi dengan Dwiki Dharmawan, dan sejumlah musisi lain di atas panggung.

“Gitar bambu ini sama seperti gitar modern hanya saja ada unsur suara bambu di dalamnya,” kata Yuyus Tanuatmadja, ketua Indonesia Bamboo Society di JCC Senayan Jakarta, Minggu, (02/09).

Menurut Yuyus, dalam  pembuatannya gitar bambu ini melibatkan para guru musik seperti Adang Hamzah. Adang mereka minta untuk mengetes kesempurnaan alat musik petik tersebut.

Yuyus mengungkapkan, mereka mengeksplorasi pembuatan gitar bambu selama sekitar lima bulan untuk mencari kesempurnaan suaranya. Hingga Adang Hamzah mengatakan layak untuk digunakan.

Selain gitar dari bambu komunitas ini juga menciptakan biola dari bambu. Dan sedang merancang desain terompet, trombon, dan piano dari bambu.

Saat ini kelompok ini baru memproduksi belasan gitar dari bambu. Gitar bambu tersebut mereka jual dengan harga dua juta rupiah.

Bagaimana suara gitar unsur bambu? “Suara unsur bambu itu susah diungkapkan dengan kata-kata,” kata Yuyus menjelaskan.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published.