More

    Ratakan Perut Buncit Ala Denny Santoso

    Ahmad Fauzan Sazli

    Denny Santoso, Pakar nutrisi dan fitness

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus –  Banyak orang yang sudah berusaha mengecilkan perutnya namun tidak mendapatkan hasil yang diharapakan. Menurut Denny Santoso, pakar nutrisi dan fitness, hal itu disebabkan banyak orang keliru melakukan olahraga dan memahami diet seperti hanya makan satu kali sehari.

    “Latihan beban adalah cara efektif membakar lemak. Terutama otot-otot besar seperti dada, paha, dan punggung. Otot besar ini lebih cepat membakar lemak dibandingkan otot kecil,” kata Denny dalam acara seminar “Perut Buncit : Kini dan Nanti” yang diselenggarakan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia di FKM UI, Depok, Rabu, (24/10/2012).

    Denny mengumpamakan motor dengan cc besar akan menggunakan bahan bakar lebih banyak dibandingkan motor cc kecil. Seperti otot dada akan lebih efektif membakar lemak dibandingkan dengan otot perut.

    Bagi yang suka fitness dan ingin mengecilkan perut, Denny menyarankan untuk melakukan latihan otot besar dahulu kemudian melakukan kardio (jalan cepat, lari atau bersepeda). Cara ini efektif karena latihan otot besar akan menggunakan gula darah lebih banyak.

    Bagi yang tidak menyukai fitness, Denny menyarankan untuk melakukan olahraga seperti jalan cepat pagi hari. “Waktu pagi sebelum sarapan energi yang digunakan adalah lemak,” kata Denny.

    Selain itu cara lain adalah dengan mengatur ritme antara lari dan jalan cepat secara bergantian setiap 15 menit sekali.

    Denny tidak menyarankan diet dengan cara makan satu kali dalam sehari. Cara ini tidak efektif karena tidak baik buat metabolisme tubuh. Ia menyarankan untuk makan sehari enam kali. Makan untuk porsi besar tiga kali dan makanan tambahan seperti buah dan biskuit tiga kali. “Makanan yang mengandung serat baik buat metabolisem tubuh,” terang Denny.

    Denny mengungkapkan, biasanya lemak yangakan hilang bila melakukan pola di atas adalah mulai dari perut kemudian, dikuti paha, pipi dan lainnya.

    Untuk memahami diet lebih banyak, Denny mengajak untuk menjadi follower dan panduan diet dari akun twitternya @DennySantoso.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here