More

    Bak Sampah Otomatis Tanpa Sentuh

    Ahmad Fauzan Sazli

    Tempat sampah Otomatik

    Tempat sampah otomatis karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Gambar : Humas UNY

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Bila kamu malas menyentuh tempat dan tutup sampah, mungkin tempat sampah karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah jawabannya. Dialah Febri Megantara, mahasiswa Prodi Teknik Elektro FT UNY.

    Febri mengembangkan tempat sampah otomatis yang dapat terbuka tanpa disentuh. Febri menamainya dengan “Pembuka dan Penutup Bak Sampah Otomatis.”

    Menurut Febri, tempat sampah tersebut berbasis mikrokontroler ATMega 8 yang terdiri dari  tiga elemen penting, yaitu input, proses, dan output.

    “Sensor  jarak  ultrasonik  sebagai inputnya, kemudian diproses menggunakan mikrokontroler ATMega 8, dan motor servo sebagai outputnya,” kata Febri.

    Febri memaparkan,  cara kerja pembuka dan penutup bak sampah otomatis ini berdasarkan input dari sensor  jarak ultrasonik. Apabila sensor jarak ultrasonik menangkap  suatu aktivitas di dekat bak sampah. Seperti tangan seseorang dengan jarak lebih dari 35 cm, maka motor servo akan bergerak membuka tutup bak sampah.

    “Tempat sampah akan terbuka selama 5 detik, bila 5 detik tidak ada aktivitas di depan tempat sampah, maka motor servo akan bergerak  menutup bak sampah,” jelas Febri.

    Alat ini, selain dapat dikendalikan oleh sensor yang tak terlihat, alat ini juga anti air sehingga dapat diletakkan di berbagai tempat.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here