More

    Mahasiswa UNY Kembangkan Software Jadwal Pelajaran Berbasis Web

    Ahmad Fauzan Sazli

    Sistem penyusunan jadwal

    Sistem Penyusunan Jadwal Pelajaran

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Fajar Kurniawan, mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan  software jadwal pelajaran sekolah berbasis web. Software tersebut dapat mempermudah penyusunan jadwal pelajaran untuk sekolah yang memiliki strategi penjadwalan yang kompleks.

    Menurut Fajar,  terdapat beberapa tabel untuk memenuhi kebutuhan penyusunan jadwal pada softwarenya, yakni tabel data awal yaitu tabel guru, tabel kelas, tabel jam pelajaran, tabel hari, tabel identitas sekolah, dan tabel admin.

    “Kemudian dari tabel guru dan mata pelajaran diturunkan pada tabel kode pelajaran, karena terdapat beberapa guru yang mengajar lebih dari 1 mata pelajaran,” katanya.

    Menurutnya, penyusunan jadwal pelajaran dari masing-masing tabel tersebut direlasikan ke tabel pertemuan. Pada tabel ini dipasang constraint agar masing-masing guru dan kelas tidak terjadi bentrok pertemuan. Selain itu, dari tabel pertemuan ini jadwal pelajaran ditampilkan dan dicetak.

    “Secara umum sistem yang dirancangnya tersebut, memiliki tujuh halaman utama yaitu, Halaman Login, Halaman Awal (home), Halaman Admin, Halaman Pengaturan (setting), Halaman Entri Data, Halaman Entri Jadwal, dan Halaman cetak,” paparnya.

    Menurutnya, softwarenya tersebut dapat dijalankan dengan berbagai jenis web browser ataupun sistem operasi, serta tidak mengalami kendala, jika dijalankan pada berbagai jenis printer untuk mencetak.

    Fajar mengungkapakan, bahwa software pembuatan jadwal pelajaran banyak tersedia di Internet, baik yang gratis maupun bayar. Namun software tersebut masih banyak kekurangan karena setiap sekolah memiliki strategi penjadwalan yang kompleks.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here