More

    Cara Melacak Smartphone yang Dicuri dengan Norton

    14022013 smart-phone-

    Endah Kemala

    Dengan semakin berkembangnya kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin berkembang pula kecanggihan alat telekomunikasi. Di mana semua perusahaan ponsel bersaing untuk membuat smartphone yang paling canggih dan keren. Hal inilah yang kemudian membuat banyak sekali mahasiswa yang selalu update dan memiliki smartphone terbaru.

    - Advertisement -

    Sayangnya, seringkali kita kemudian asyik memainkan semua fiture yang ada, sehingga lengah dengan keadaan sekitar. Maraknya pencurian smartphone nampaknya sering diabaikan oleh para pengguna smartphone. Jika sang ponsel telah hilang, maka hilang pula berbagai data penting yang kita simpan di memory card-nya.

    Apabila hal itu terjadi, maka jangan panik.

     

    14022013 Norton-Mobile-securityNorton Mobile Security

    Kini Norton Mobile Security dapat membantu kita untuk menemukan smartphone yang hilang. Saat tidak berada di tangan kita, sofware ini mampu mengirimkan koordinat GPS dari perangkat yang hilang, sehingga mudah untuk ditemukan.

    Tadinya Northon Mobile Security ini hanya tersedia untuk perangkat Android. Namun, telah ada Norton Mobile Security versi 3.0 yang dilengkapi dukungan iOS dan antarmuka baru untuk pengalaman penggunaan lebih baik. Bahkan pengguna iPhone dan iPhone juga dapat menggunakan Norton ini untuk mencari, mem-backup, dan me-restore kontak mereka dari dan ke berbagai perangkat

    Awal Norton Mobile Security ini merupakan antivirus versi mobile. Lalu Symantec, sebuah perusahaan keamanan komputer, mengembangkan aplikasi ini untuk mengantisipasi pencurian data dan informasi pengguna, maupun akses lain tanpa ijin oleh virus atau malware pada sebuah smartphone atau perangkat mobile lainnya.

    Kini fitur dari Norton Mobile Security dapat mengunci perangkat Android, bahkan menghapus semua data saat perangkat Android tersebut hilang.

    Symantec sendiri merupakan perusahaan keamanan IT yang telah dikenal oleh banyak orang akan produk-produknya, seperti Norton Utilities yang menyediakan produk berdesain khusus untuk keamanan pada perangkat mobile Anda, yaitu Mobile Security Suite.

    Norton Mobile Security merupakan produk yang pendistribusiannya tidak melalui CD/DVD, namun melalui format download-only yang bisa diakses melalui www.norton.com/nms. Kamu dapat membeli kunci lisensinya ke Norton dan berlaku untuk satu tahun. Akan tetapi, kamu harus melakukan aktivasi maksimal dalam jangka waktu tiga hari. Jika tidak, lisensi tidak dipergunakan oleh Norton.

    Hebatnya, aplikasi keamanan Norton Mobile Security dapat mendeteksi keberadaan smartphone yang hilang, bahkan dapat dilakukan dari jarak jauh. Fitur yang disediakan oleh Norton mencakup Anti-Theft, yang dapat melacak lokasi terakhir dari smartphone melalui GPS atau triangulasi. Ada pula Remote Lock dan Remote Wipe yang bisa mengunci, bahkan membabat habis data di ponsel tersebut dengan asumsi bahwa smartphone terhubung ke internet setiap saat.

    Bagaimana? Keren kan! Kamu bisa melacak sendiri smartphone yang hilang dengan segera, dan tanpa bantuan polisi. Mau tau Caranya?

     

    Melacak Smartphone yang hilang atau dicuri

    Pertama, pada saat kamu menyadari bahwa ponsel telah hilang, kirimlah SMS ke server Norton atau masuk ke situs Norton dengan menggunakan akun Norton. Kemudian, lacaklah dengan bantuan jasa Google Maps. Kamu akan lihat, Norton Mobile Security akan memberi informasi keberadaan smartphone di delapan lokasi terakhir.

    Tidak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur scream untuk membuat smartphone “berteriak.”

    Caranya mudah, hanya dengan mengirim SMS ke server Norton dari nomor telepon yang telah didaftarkan sebelumnya. Nantinya, selama kurang lebih 30 detik bunyi yang sangat kencang akan keluar dari smartphone tersebut. Tentunya ketika membuat teriakan terhadap smartphone ini, pastikan kamu telah menemukan target sang pencuri.

    Bila ternyata smartphone tidak dapat ditemukan, jangan takut. Pada saat smartphone berhasil dicuri, biasanya sang pencuri akan mencabut kartu SIM, maka smartphone otomatis akan terkunci. Jalan satu-satunya agar si pencuri bisa mengakses smartphone adalah dengan melakukan reset yang berarti semua data akan terhapus. Apabila masih belum merasa yakin, kamu bisa melakukan sendiri penghapusan terhadap semua data di smartphone. Caranya dengan mengirim SMS ke server atau lewat situs Norton.

    Aplikasi ini akan menghapus semua data yang ada di memori internal dan kartu memori eksternal.

    Fungsi lain dari Norton selain dapat melacak HP, kamu juga dapat mengunci SIM Card pada handset tipe GSM. Akan tetapi bila dilakukan pada versi CDMA inject, kemungkina SIM Card lock akan tidak berfungsi. Namun kamu harus hati-hati, apabila kamu salah memasukkan password hingga 10 kali, data akan terhapus total. Walaupun sistem ini membuat kita harus ekstra berhati-hati, setidaknya, ketika ponsel dicuri, sang pelaku tidak dapat melihat data-data kita.

    Bagaimana, hebatkan teknologi smartphone ini? Walau begitu, tetaplah berhati-hati menjaga ponsel kamu agar tidak hilang.[]

     

    Sumber :

    http://www.hardwarezone.co.id/tech-news-norton-mobile-security-terbaru-tambah-proteksi-untuk-ios

    http://tekno.kompas.com/read/2012/05/30/19224660/

    http://us.kapanlagi.com/ragam/lifestyle/norton-mobile-security.html

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here