More

    Unpad Tanam Sayur di Halaman Rektor

    Ahmad Fauzan Sazli

    tamansayur 02DJATINGANGOR, KabarKampus – Universitas Padjajaran saat ini memiliki kebun sayur. Sayur-mayur tersebut mulai ditanam hari ini oleh petugas K3L (Kebersihan, Keindahan, dan Kenyamanan Lingkungan) Unpad di depan halaman Rektorat Unpad, Selasa, (26/02/2013).

    Tanaman tersebut antara lain bayam merah, bawang daun, selada, seledri dan sebagainya.

    - Advertisement -

    Ranu Manggala Putra, Faperta Unpad yang terlibat dalam program ini mengatakan, ide awal taman sayur ini berasal dari Prof. Ganjar Kurnia, rektor Unpad. Ganjar Ingin lebih memberdayakan para petugas K3L agar memperoleh penghasilan tambahan.

    “Hasil pengelolaan para petugas K3L Unpad ini dijual. Hasil penjualannya akan menjadi tambahan penghasilan mereka,” kata Ranu.

    Menurut Ranu, para petugas tersebut diajarkan cara membibit, membuat media tanam, cara menanam yang baik, serta memelihara tanaman sayur.

    Ranu memaparkan, sayuran yang ditanam memiliki kualitas baik, setara dengan sayuran-mayur yang dijual di supermarket. “Meski demikian harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan haraga supermarket,” terang Ranu.

    Sementara itu Prof. Wawan Hermawan, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unpad mengatakan, bahwa taman sayur ini berangkat dari pemikiran bagaimana memanfaatkan waktu luang petugas K3L Unpad dengan kegiatan bermanfaat.

    “LPPM Unpad mengoordinir kegiatan ini sebagai bagian dari pengabdian pada masyarakat. Kita harapkan, nantinya taman sayur ini hadir secara rutin bahkan tiap hari di halaman Rektorat Unpad ini,” ujar Prof. Wawan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here