More

    Cara Cerdas Naklukin Si Dosen Killer

    Endah Kemala

    19032013 ilustrasi dosen killerPunya dosen Killer? Pasti punya dong. Di setiap kampus ada aja dosen yang selalu bikin kita keki, gak bersahabat dan pelit banget ngasih nilai. Bahkan, kadang-kadang doi bisa jadi manusia tega yang karena telat ngumpulin tugas, kamu terpaksa ngulang di tahun depan. Sebel kan.

    Tapi yang harus kamu tau, justru dosen killer ini gak boleh kamu musuhin. Doi belum tentu hanya kamu temui dalam satu semester aja. Biasanya dosen killer ini termasuk dosen kompeten andalan kampus yang nantinya ngasih kamu materi kuliah yang rumit di semester mendekati kelulusan.

    - Advertisement -

    Gak hanya itu, bisa jadi nanti doi yang jadi dosen pembimbingmu. Kalau udah gini, bisa ribet jadinya. Makanya, jangan nyoba-nyoba deh jadi musuh Doi. Sebaiknya kamu menjalin persahabatan dengan dosen killer ini.

    Nah, ini beberapa trik jitunya.

    Jadi Detektif Cerdas

    Kamu gak harus baca Sherlock Holmes atau jadi Detektif Conan. Cukup mencari tau detail tentang dosen ini. Makanya kamu harus gaul di kampus. Deketin senior-senior yang udah jadi korban doi. Namun, kamu juga wajib deketin senior yang hidupnya selalu mulus selama jadi mahasiswa doi. Korek-korek informasi tentang apa yang boleh dan gak boleh kamu lakukan selama  mengikuti mata kuliahnya. Cari tahu sifat dosen killer, apa yang bikin doi BT, gimana cara ngajarnya apakah teks book atau suka diskusi, gimana peraturan doi pas ngajar, standar nilai yang doi kasih, aktivitas di kampus, gimana doi pas PMS ampe kalau perlu detail keluarganya lho. Bukan buat belajar kepo, tapi buat bahan pembicaraan ringan kalau kamu tiba-tiba ketemu di jalan.

    Sering-sering Sapa dan Ajak Senyum

    Kalau ketemu di jalan atau kampus kamu harus sering sapa doi lho. Jadi doi inget sama kamu, dan ngerasa kamu hormat dan respek. Kalau udah gini, Insya Allah, doi pasti juga senyum dong sama kamu.

    Pedekate

    Bukan hanya gebetan aja lho yang harus kamu Pedekatein. Dosen juga. Bukan untuk bikin skandal murahan, tapi supaya kalian bisa saling mengenal dan menciptakan hubungan emosional yang cukup dekat. Doi bahkan bisa kamu ajak sharing dan diskusi. Biasanya dosen killer itu sangat terbuka ketika ada mahasiswanya yang ngajak diskusi di luar jam kuliah. Bisa-bisa doi ngasih kisi-kisi ujian lho.

     

    Rajin Tongkrongin Mata Kuliah

    Banyak mahasiswa yang paling males masuk mata kuliah dosen killer. Biasanya mahasiswa ini sakit hati setelah dimarahin karena telat. Padahal kalau mau dewasa, siapa suruh kamu telat bangun. Kalau baru sedikit aja dimarahin terus kamu mogok masuk kelas, yang ada kamu masuk daftar hitam doi. Buktiin kalau kamu bukan mahasiswa lemah yang gak punya nyali.

    Ikut jadi Panitia dalam Setiap Acara yang Doi Adakan

    Yang satu ini gak wajib sih. Tapi biasanya setiap dosen bakal suka kalau mahasiswanya mau ngebantuin buat nyelenggarain acaranya. Kamu bisa dapet nilai plus karena dianggap sebagai mahasiswa yang aktif, cerdas, cekatan dan supel. Selain itu, dosen yang aktif dan suka ngadain acara biasanya punya banyak kenalan orang-orang penting dan terkenal. Ini kesempatan bagus buat kamu untuk memperluas jaringan. Siapa tau, nanti malah ngasih kamu rekomendasi untuk magang.

    Jangan Pernah terlihat Bodoh di Kelasnya

    Jangan pernah terlihat bodoh dan sama sekali gak ngerti dengan materi yang doi kasih. Terutama kalau doi tipe dosen yang suka ngajak diskusi mahasiswanya. Apalagi kalau Doi udah mulai baik dan ramah sama kamu. Jangan bikin si dosen killer kecewa. Kalau udah gini, jangan harap kamu bisa dapet nilai bagus.

    Jangan Membuat Dosen Killer Terlihat Bodoh di Kelas

    Satu hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa yang kesal dan menganggap dosennya musuh adalah bersikap arogan, serta membuat gara-gara agar sang dosen terlihat bodoh di mata mahasiswanya. Itu sih terserah kamu. Tapi hati-hati lho kalau memancing permusuhan dengan dosen killer ini, jangan harap kamu bisa lulus setiap mata kuliahnya.

    Gak akan ada ruginya buat kamu menjalin persahabatan dengan dosen killer ini. Sebagai mahasiswa, udah seharusnya kamu mengasah kecerdasan dari sekarang, termasuk belajar menghadapi dan menaklukan orang yang jadi “nightmare“ kamu, seperti dosen killer ini. Jangan dengerin deh kata-kata temen yang ngatain kamu penjilat. Yang paling penting, urusan perkuliahanmu lancar jaya seperti jalan tol, dan bokap gak bakalan marahin kamu yang gak lulus-lulus gara-gara kesandung matakuliah sang Dosen Killer. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here