Cara Hemat, Praktis dan Aman Bikin Kulit Mulus nan Kinclong

Endah Kemala
18032013 ilustrasi cara hemat bikin kulit mulus nan kinclong
Semua cewek tentu ingin memiliki kulit yang bersih, sehat, mulus dan kinclong. Itu sebabnya, banyak mahasiswi yang rela ngeluarin duit banyak ke salon demi dapetin kulit mulus untuk menarik perhatian gebetannya.

Ada cara yang hemat, praktis dan aman untuk menjadikan kulit kamu mulus nan kinclong. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikutin untuk merawat kulit.

Kulit Wajah
Wajah adalah salah satu daya pikat cewek terhadap gebetannya. Saking pentingnya, banyak artis Korea yang ampe permak wajahnya dengan operasi plastik supaya cantik. Di kampus pun para mahasiswi selalu melakukan eksperimen dengan kosmetik agar wajahnya tampak menarik. Padahal, kecantikan itu terlihat dari pancaran cahaya wajah yang segar dan menarik, bukan hidung yang mancung, mata bulat serta riasan tebal. Makanya kulit wajah ini harus dirawat agar aura positif kamu bisa keluar. Maka, biasakan rajin cuci muka, minimal ketika baru bangun dan akan tidur. Jika tidak, kotoran serta kuman akan menyebabkan wajahmu menjadi berjerawat. Jika habis menggunakan make up gunakan susu pembersih dari bahan alami yang cocok untuk kulit. Selain itu, biasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Penting banget untuk menjaga agar kulit wajah gak kering. Gak hanya kulit wajah, air putih juga bagus untuk menjaga kelembaban kulit tubuhmu.

Rajin-rajinlah menggunakan masker minimal 1 minggu sekali. Masker alami bisa menjadi pilihan yang tepat, dan caranya mudah. Kamu bisa menggunakan sayuran atau buah apapun, misalnya seperti berikut.
1. Madu biasanya bisa digunakan sebagai masker jerawat serta menghilangkan noda pada wajah. Caranya, cukup dengan menghangatkan 3 sendok teh madu. Setelah itu, ratakan di seluruh kulit wajah.
2. Pisang juga baik untuk melembabkan kulit wajah, terutama untuk wajah kering. Caranya, pilih sebuah pisang ambon yang sudah matang dan segar. Ambil kulitnya dan haluskan, tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun yang dihangatkan dan oleskan di wajah. Kemudian  percikan air dingin di wajah agar menempel dan tunggu hingga 15-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat tanpa sabun pembersih wajah.
3. Pepaya sangat baik digunakan sebagai “peeler” karena memiliki enzim yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit menjadi bersih dan tampak licin. Caranya potong 1/4 buah papaya yang sudah matang dan haluskan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat.

Agar kulit wajah lebih terjaga, sebaiknya gunakan pelembab alami yang cocok dengan kulit wajahmu, setelah mandi dan sebelum tidur.

Kulit Tubuh
Gak hanya kulit wajah, kulit tubuh juga harus dijaga. Selain agar tetap halus dan lembut ketika disentuh si Doi, kulit yang sehat juga menjaga aroma tubuhmu agar tetap segar dan wangi. Untuk itu, gak hanya wajah saja yang harus dirawat, tapi juga kulit tubuhmu. Kamu bisa menggunakan cara-cara berikut untuk membuat lulur secara alami.
1. Cara pertama adalah dengan menyampurkan kunyit, tepung beras, kencur, serta minyak esensial. Kemudian tumbuk atau blender agar tercampur rata menyerupai pasta.
2.  Cara kedua adalah dengan menyiapkan bahan-bahan seperti daun kemuning satu mangkuk, rimpang temugirin satu mangkuk, rimpang kunyit satu mangkuk, bunga kenanga satu mangkuk, tepung beras tumbuk kasar satu mangkuk, kulit jeruk purut (jeruk yang kulitnya keriput) dua buah. Iris-irislah semua bahan tersebut dan keringkan hingga benar-benar kering. Tumbuk halus dan campur jadi satu. Ambil secukupnya, tambahkan sedikit air atau susu sapi segar, dan bisa langsung digunakan sebagai lulur.

Lakukan perawatan dengan lulur minimal 1 minggu sekali. Selain itu, ada baiknya kamu mengonsumsi beberapa makanan sehat yang baik untuk kulit, seperti  ikan, tomat, jeruk, bayam dan buah stroberi.

Ayo buruan rawat kulitmu dari sekarang, biar si Doi cepet nembak! []

Leave a Reply

Your email address will not be published.