More

    Takut Gendut, Perhatikan Hal Penting Saat Jalani Diet

    Endah Kemala

    12032013 ilustrasi diet programSekarang kamu sudah mengetahui cara pertama menghilangkan berat badan yakni dengan sedot lemak dalam artikel “Hati-hati Buat Mahasiswi  yang Ingin Sedot Lemak“. Cara ke-2 melakukan program diet yang lebih banyak disarankan oleh ahli-ahli kesehatan dunia.

    Program Diet
    Diet memang populer sebagai senjata andalan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya banyak persepsi yang salah tentang diet. Diet sendiri sebenarnya merupakan jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Bahkan arti diet sendiri di kamus adalah makan atau menu, bukan mengurangi asupan makan seperti persepsi kita selama ini.

    - Advertisement -

    Untuk itu, dalam melakukan diet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
    1. Diet ketat sering dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Padahal seseorang yang memotong asupan makanan secara tiba-tiba bisa mempertaruhkan kesehatannya. Untuk itu jumlah kalori harus diturunkan secara perlahan, agar tubuh tidak ambruk sakit.
    2. Tidak makan. Tidak makan sama sekali tidak akan membantu untuk menurunkan berat badan. Cara ini justru akan membuat kamu menjadi semakin lapar dan akhirnya makan secara berlebihan.
    3. Hanya mengonsumsi makanan rendah kalori. Banyak yang berfikir jika makan makanan rendah kalori dalam jumlah besar tidak akan menyebabkan penambahan berat badan. Justru hal ini sangat salah, karena makan makanan rendah kalori secara berlebihan pun tetap bisa menyebabkan penambahan berat badan.
    4. Sedikit minum air. Kesalahan berikutnya adalah mengonsumsi segalanya dalam jumlah kecil dan menjaga perut dalam keadaan kosong, termasuk dengan minum sedikit air. Padahal air sangat bagus untuk proses pembakaran kalori dalam tubuh.

    Nah, jika cara-cara tersebut salah, kamu harus menggantinya dengan cara-cara berikut.
    a)    Kontrol Kebiasaanmu. Jangan pernah membiasakan diri untuk membiasakan perut kosong, konsumsi minuman pelangsing dan olahraga secara berlebihan. Lakukan pola hidup sehat dengan makan yang teratur tapi tidak berlebihan,
    b)    minum air putih yang banyak dan hindari minuman manis, soda atau cemilan tak sehat lainnya.
    c)    Minum air yang cukup. Konsumsi air putih sangat bagus untuk tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Selain dapat membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh, air putih akan meningkatkan laju metabolisme yang ikut membantu proses penurunan berat badan.
    d)    Jangan lupa sarapan karena sangat penting untuk meningkatkan laju metabolisme dan membuat seseorang tetap aktif sepanjang hari. Studi menunjukkan orang yang sarapan akan lebih banyak menurunkan berat badan ketimbang yang tidak. Cobalah mengonsumsi serat dan protein, seperti sereal, susu, telur dan sandwich dengan roti gandum.
    e)    Kontrol porsi makan untuk membatasi asupan kalori yang masuk sehingga tidak berlebih dan menumpuk jadi lemak.
    f)    Biasakan makan di rumah dan masak sendiri agar asupan kalori pada tubuhmu menjadi lebih terkontrol.  Olahraga sangat penting untuk kamu lakukan. Setiap harinya lakukan aktivitas fisik selama 1 jam, seperti berenang, menari, sepeda, berjalan atau lari.

    Nah, kamu sendiri  memilih cara yang mana? Praktis dengan sedot lemak, atau coba pola hidup sehat dengan diet. Yang jelas jangan sampai hasilnya berdampak buruk buat kamu.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here