More

    Tips Jitu Mengatasi Kaki Lecet Karena Sepatu Baru

    Endah Kemala
    ilustrasi sepatuSama seperti pakaian, sepatu merupakan pelengkap tubuh yang bisa membuat kita terlihat keren, trendy dan gaul. Apalagi sepatu baru itu dipake saat mau gaet kecengan, menghadiri seminar, saat ngeband atau pas lagi KKN.

    Sayangnya, sepatu baru sering menyiksa kaki. Entah karena bahannya yang murahan dan bikin sakit, atau karena ukurannya yang kekecilan namun modelnya yang bagus, membuat kamu nekat untuk membelinya. Tapi kamu gak usah cemas dan harus membuang sepatu itu. Untuk itu, kamu harus sering memperhatikan kaki kamu, seperti cara berikut ini.

    Hal utama yang harus diingat adalah kebersihan kaki. Pada saat mandi, cuci dan gosoklah kaki menggunakan sabun dan sikat lembut. Setelah itu, kamu harus memberinya lotion pada bagian permukaan dan telapak kaki. Lakukan ketika habis mandi dan sebelum tidur. Lotion juga dioleskan pada bagian jari kaki, tumit dan tulang tumit pada saat akan menggunakan sepatu.

    - Advertisement -

    Bila menggunakan sepatu kets atau boots, gunakan kaos kaki dari bahan katun agar kakimu tidak berkeringat dan bau. Selain itu, jangan menggunakan kaos kaki yang tebal. Untuk kamu yang menggunakan sepatu close toe, dapat menggunakan kaos kaki tipis sebatas mata kaki atau stoking dengan warna kulit.

    Ada baiknya untuk menggunakan sepatu yang ujungnya terbuka, seperti open toe atau sepatu sandal. Bagaimana dengan sepatu dengan model tertutup? Jangan khawatir, bila kaki telah berkeringat, lepaslah dan keringkan permukaan bagian dalamnya menggunakan lap atau tisu untuk membersihkan bakteri, dan sepatu menjadi tidak lembab.

    Pada saat memilih sepatu, pilihlah sepatu yang nyaman dan simpel agar tidak mengganggu jari, mata kaki, tumit, dan tulang tumit supaya kaki nggak lecet.

    Kamu juga bisa mengoleskan lotion pada bagian sepatu yang sering menyebabkan lecet, dengan menggunakan lotion atau baby oil. Kemudian diamkan sepatu selama semalam sebelum kamu pakai ke kampus esoknya.

    Ini dia, cara yang paling sering dilakukan, yaitu dengan menempelkan plester pada bagian belakang kaki.

    Apabila sepatu baru kamu saat ini ternyata sudah membuat kakimu menjadi lecet, padahal kamu sudah bergaya sekeren mungkin, berikut cara mengatasinya, seperti yang dilansir oleh gadis.co.id

    Bila sedang berada di kampus atau di jalan, tiba-tiba kulit kaki terasa perih dan mengelupas, maka segera lepaskan. Diamkan agar mendapat sirkulasi selama 20-30 menit. Lebih bagus lagi bila sepatu itu diganti dengan yang lebih longgar, atau menggunakan sandal.

    Setiba di rumah, istirahatkan kaki di udara terbuka selama 30 menit. Rendam sebentar dengan air hangat, namun jangan menggosok bagian kaki yang lecet. Keringkan kaki dengan handuk lembut, dan oleskan kulit yang lecet dengan obat luka antiseptik.

    Karena lecet baru akan hilang selama 2-3 hari, ada baiknya untuk sementara waktu sepatu tersebut tidak digunakan dulu, hingga kaki sembuh.

    Sudah tau caranya kan. Sekarang, silahkan berburu sepatu baru sepuasmu!

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here