More

    Hatta Taliwang : RUU Ormas Disponsori Asing

    Ahmad Fauzan Sazli

    04 04 2013 Demo RUU Ormas

    Front Mahasiswa adili SBY dan DPR menggelar aksi tolak RUU Ormas  di depan Kemendagri, Jakarta, (04/04/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Hatta Taliwang, anggota presidium Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) menduga Rancangan Undang-undang yang sedang digodok DPR RI merupakan Undang-udang sponsor.

    “Saya curiga Undang-undang Ormas ini adalah Undang-undang sponsor,” kata Hatta dalam diskusi “RUU Ormas dan Pembangunan Demokrasi Indonesia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu, (10/04/2013).

    Menurut Hatta, banyak Undang-undang di Indonesia yang ada sponsornya. Seperti Undang-undang kepolisian dan Undang-undang Sumber Daya Air.

    Hatta belum mengetahui apakah Undang-undang Ormas ini disponsori oleh Bank Dunia atau lembaga lain. Tapi, menurutnya sosok kapitalis bermain dalam Undang-undang tersebut.

    Dalam kesempatan itu Hatta mempertanyakan mendesaknya Undang-undang ormas ini. Baginya masih banyak Undang-undang yang lebih mendesak, seperti Undang-undang sistem ekonomi perairan, perampasan hasil korupsi, peran negara dalam mengatur badan usaha milik swasta, dan sebagainya.

    Baginya dengan adanya UU Ormas, ada agenda untuk memperlemah dalam rangka kooptasi yang berujung penguasaan negara ini.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here