More

    Lokarina Bentuk Kepedulian ITS Terhadap Maritim Indonesia

    Frino Bariarcianur

    24042013 ilustrasi lokarina ITSSURABAYA, KabarKampus—Meski Indonesia adalah negara kepulauan, minat terhadap dunia maritim masih berasa kurang. Kondisi memprihatinkan ini membuat Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan Institut Teknik Sepuluh November Surabaya Himatekpal ITS) menggelar Lomba Karya Cipta Maritim Nasional 2013 (Lokarina) di Kampus ITS Surabaya, Senin (22/04/2013).

    Lokarina yang merupakan rangkaian acara Semarak Mahasiswa Teknik Perkapalan (Sampan) ITS sudah digelar 7 kali. Tahun ini mengusung tema Inovasi Berbasis Teknologi untuk Eksplorasi Kemaritiman Berkelanjutan Demi Kejayaan Bangsa.”

    - Advertisement -

    Dalam pernyataan tertulisnya, Lya Choiriya, Steering Committee (SC) Lokarina, menyatakan bahwa Lokarina 2013 lebih menekankan pada teknologi terbaru yang dapat mendukung perkembangan maritim Indonesia. Tak hanya itu, diharapkan karya yang dibuat juga dapat mengeksplorasi kekayaan laut Indonesia secara berkelanjutan.

    Menurut Lya, lokarina adalah wadah bagi mahasiswa untuk menggali kreativitas dalam dunia maritim.

    Lokarina tahun 2013 menerima 78 karya tulis mahasiswa dari pelbagai kampus di Indonesia. “Hanya 20 karya terbaik saja yang bisa presentasi di babak final.” Kata Lya.

    Adapun kampus yang menjadi peserta antara lain: Institut Teknologi sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UA), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Brawijaya (UB). Tak ketinggalan juga Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Darma Persada (Unsada), serta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

    Tiap peserta akan mempresentasikan gagasannya menjadi karya yang inovatif dalam bidang kemaritiman. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here