More

    Mapala UI Gelar Lari Marathon Untuk Ciliwung

    Ahmad Fauzan Sazli

    25 04 2013 Mapala UI

    Tim Mapala UI menjelaskan kegiatan Mapala UI Half Marathon Run River di perpustakaan UI, Depok, Kamis, (25/04/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    DEPOK, KabarKampus – Mapala Universitas Indoensia (UI) akan menggelar kegiatan marathon untuk sungai Ciliwung.  Kegiatan yang mengusung tema “Mapala UI Half Marathon Run Foriver” ini merupakan lomba lari setengah marathon yang akan digelar di kampus UI, Depok, Minggu 12 Mei 2013 mendatang.

    Kegiatan ini dibuka untuk umum mulai dari mahasiswa, karyawan, PNS, hingga atlet lari. Adapun nomor yang akan dilombakan adalah nomor 21 Km dan 10 KM.

    Setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan satu buah bibit pohon yang nantinya akan ditanam oleh Mapala UI dihulu sungai Ciliwung.

    Fariska Aryani, anggota Mapala UI mengatakan, bahwa kebiasaan membuang sampah sembarangan, perambahan hutan, pemukiman liar di sepanjang daerah Ciliwung merupakan penyebab kerusakan hutan Ciliwung.  Sementara secara umum masalahnya adalah masalah ekonomi dan kelembagaan yang tidak dapat diselesaikan tanpa peran aktif dari masyarakat itu sendiri.

    “Melihat hal itu Mapala UI memiliki gagasan mengadopsi sungai dengan panjang 140 km tersebut,” jelas Riska.

    Menurutnya, gagasan tersebut dimulai dengang gerakan bernama Run River, yakni gerakan membagikan semangat peduli Ciliwung melalui aksi berlari. Dengan mengikuti kegiatan ini berarti setiap pelari menyumbangkan satu bibit tanaman.

    Adapun penanaman  bibit pohon tersebut akan dilakukan di hulu sungai Ciliwung di kecamatan Cisarua, pada bulan Juni 2013.  Kemudian bibit tersebut akan drawat selama tiga tahun oleh Mapala UI.

    Kamu yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat menghubungi www.mapalauihm.com atau datang langsung ke sekretariat Mapala UI di Gedung Pusgiwa UI Depok.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here