More

    China – AS Bahas Pencurian Data Komputer

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    11 07 2013 dialog as-CHINA

    Wapres Amerika Serikat Joe Biden mendesak China untuk mengakhiri pencurian ‘terang-terangan’ melalui hacking jaringan komputer.

    - Advertisement -

    Deputi Menteri Luar Negeri Bill Burns dan Menteri Keuangan Jack Lew menjadi tuan rumah delegasi China yang dipimpin oleh anggota Dewan Negara Yang Jiechi dan Wakil Perdana Menteri Wang Yang.

    Biden membuka Dialog Strategis dan Ekonomi AS-China di Washington dengan menekankan tanggung-jawab bersama untuk mendukung ekonomi global. Ia juga mengemukakan isu peka pencurian hak cipta melalui peretasan jaringan komputer.

    Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan, perusahaan-perusahaan Amerika mengalami kerugian ratusan-milyar dolar setiap tahun melalui peretasan terorganisir dan besar-besaran untuk mencuri rahasia perdagangan, pemerintah dan militer Amerika Serikat.

    China bersikeras, pihaknya juga korban peretasan, dan menuntut penjelasan terkait penyataan whistleblower Edward Snowden bahwa intelijen Amerika telah membobol jaringan internet.

    Biden membuka pembicaraan tahunan selama dua hari itu. Kedua negara berjanji akan membina rasa saling percaya sambil menangani berbagai isu seperti keluhan kedua pihak tentang akses pasar.

    Ia juga mengemukakan keprihatinan tentang hak asasi manusia, beberapa hari setelah tentara China dilaporkan menembaki orang-orang Tibet yang merayakan ulangtahun pemimpin spiritual mereka dalam pengasingan, Dalai Lama.

    Anggota Dewan Negara China Yang Jiechi, seorang tokoh penting di balik kebijakan luar negeri China mengatakan, Beijing siap membahas hak asasi manusia tapi ‘atas dasar kesetaraan dan rasa saling menghormati’.

    Biden juga mengemukakan soal sengketa wilayah China dengan negara-negara tetangga, dan mengatakan, kedua negara ‘mendapat manfaat dari kebebasan pelayaran dan kebebasan dalam perdagangan’.

    Para pejabat kedua negara berusaha menciptakan suasana gembira, menyuarakan harapan bahwa kedua pihak dapat terus membina kepercayaan menyusul KTT informal bulan lalu antara Presiden Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping. []

    SUMBER : RADIO AUSTRALIA

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here