More

    Kenalkan Indonesia Lewat Game

    Ahmad Fauzan Sazli

    memperkenalkan Indonesia lewat GameSURABAYA, KabarKampus – Indonesia kaya akan keberagaman budaya. Dari Sabang sampai Merauke. Lewat karya berjudul “Pengenalan Adat Istiadat Berbasis Game Edukasi untuk Anak Nusantara” mahasiswa  Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, memperkenalkan budaya Indonesia dengan cara yang mengasikkan.

    Game tersebut adalah karya Septiana Trikuncoro, dkk. Karya mereka ini berhasil didanai oleh Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

    - Advertisement -

    Dalam game tersebut, terdapat peta Indonesia yang harus dilalui oleh siswa. Jika berhasil melewati tantangan di provinsi yang dilaluinya maka ia akan menuju ke provinsi selanjutnya.

    ”Pada setiap provinsi terdapat dua tantangan yang dapat menambah wawasan siswa tentang budaya Indonesia,” jelas mahasiswa Teknik Elektro ini.

    Tantangan pertama adalah menyerasikan pakaian adat. Pada game tersebut terdapat dua avatar yaitu laki-laki dan perempuan. Kedua avatar tersebut harus dipilihkan pakaian sesuai dengan provinsi yang dilalui. Apabila berhasil maka siswa akan menuju tantangan kedua.

    Tantangan kedua berupa pencocokan rumah adat. Terdapat tiga gambar rumah adat yang harus dipilih salah satunya. Pada game ini, siswa hanya diperbolehkan salah sebanyak tiga kali. Apabila gagal maka ia harus mengulang dari awal.

    Untuk memperkanlkan Budaya Indonesia tersebut, mahasiswa ITS mengajak siswa-siswi di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya . Para siswa SD tersebut diajak mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

    ”Indonesia sangat kaya akan budaya daerah sehingga perlu mengenalkan pada siswa-siswi SD.” ucap Kuncoro, Kuncoro.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here