More

    Sepasang Sepatu Untuk Berbagai Kegiatan

    Ahmad Fauzan Sazli

    Sepatu karya mahasiswa UB

    Sepatu MUSCLE karya mahasiswa Universitas Brawijaya

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Asiknya punya sepatu yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Satu sepatu bisa digunakan untuk bermain bola, joging, juga bersantai.

    Konsep tersebut diwujudkan oleh lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), yakni  Kharisma Ridho Husodo (FK), Hyang Iman Akbar (FK), Tito Aprilian Pratama (FIA), Nasrulloh Ratu Bagus Satria Loka (PTIIK), dan Mudawikawi Akbar Grahadhuita (PTIIK). Mereka membuat produk sepatu inovatif yang diberi nama Multifunction Shoes with Changeable Sole (MUSCLE ).

    MUSCLE merupakan sepatu dengan sol yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Sepatu ini bekerja menggunakan zipper yang berada diantara atasan sepatu dengan sol. Sehingga sol mudah diubah atau diganti dengan sol tipe lain.

    Menurut Kharisma Ridho Husodo, ketua tim, ide sepatu ini merupakan solusi dalam berbagai hal diantaranya untuk menekan peningkatan limbah sepatu.

    “Dengan mengganti sol sesuai jenis kegiatan, maka kita tidak perlu membeli banyak sepatu dengan jenis yang berbeda,” ungkap Ridho.

    Saat ini, tipe sol sepatu yang tersedia adalah sol sepatu flat, running, dan futsal. Namun, sol ini jika masuk dalam genangan air cukup tinggi maka bagian dalam sepatu akan basah.

    Ia menjelaskan, dalam pengerjaannya, tim menggandeng pengerajin sepatu yang ada di sekitar Ketawanggede. Mereka membuat rancangan sepatu kemudian diberikan kepada pengrajin. Biasanya pengerajin akan menyelesaikan pembuatan sepatu selama seminggu.

    Produk inovatif mahasiswa UB ini pun lolos daalam pendanaan Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here