More

    Warga Australia Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri di Suriah

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    14 09 2013 TENTARA pembebasan suriah

    By defence correspondent Michael Brissenden

    - Advertisement -

    Anggota kelompok jihadis berkewarganegaraan Australia dilaporkan menjadi pelaku bom bunuh diri di Suriah, dekat bandara militer yang terletak di sebelah timur negara itu.

    Sebuah kekhawatiran muncul di antara komunitas intelijen Australia terkait keterlibatan jihadis Australia yang ikut berperang dalam konflik Suriah. Setidaknya empat warga Australia didketahui tewas dalam konflik di Suriah, namun baru kali ini ada laporan warga Australia menjadi pelaku bom bunuh diri yang dimaknai perkembangan signifikan yang mengganggu.

    Menurut sejumlah laman ineternet kelompok jihad, Abu Asma al Australia warga Australia pada pukul 5;45 Rabu pagi lalu, mengendarai sebuah truk bermuatan 12 ton bahan peledak ke sebuah pos pemeriksaan yang dekat dengan bandara militer Deir Al Zour .

    Laman itu menulis pos pemeriksaan sebagai basis pertahanan pertama bandara itu hancur dan 35 personil pasukan rezim Presiden Suriah, Bashar al Assad tewas. Abu Asma digambarkan di laman internet itu sebagai “Singa imigran kami”.

    Mantan personil Angkatan Darat, Rodger Shanahan yang juga pakar terorisme Timur Tengah dari lembaga Lowy mengungkapkan kemunculan kasus  bom bunuh diri pertama warga Australia menggambarkan secara kualitatif peningkatan komitmen yang belum ditunjukkan oleh kelompok jihadis .

    Jaringan Jabu al Nusra

    “Ada perbedaan tingkat komitmen yang anda pikirkan, setelah dilakukan serangan bunuh diri dan … jika ada satu warga Australia lainnya yang mungkin termotivasi untuk mencabut nyawa mereka sendiri dengan cara itu,” ungkap  Shanahan .

    Badan-badan intelijen Australia diperkirakan tengah melacak sekitar 100 warga Australia yang ikut dalam konflik Suriah dan diyakini akan ada penambahan lagi.

    Kekhawatirannya adalah bahwa diantara dari orang-orang  itu akan lebih radikal karena pengalaman mereka di luar negeri dan bahwa mereka berpotensi bisa menggunakan pengalaman dan pelatihan untuk melakukan operasi teroris setelah mereka kembali ke Australia.

    Shanahan menunjukkan bahwa siapa pun yang  aktif terlibat dalam konflik akan datang dan berkontak dengan kelompok-kelompok teroris .

    Diperkirakan bahwa beberapa warga Australia yang tewas di konflik Suriah bergabung dengan Jabu al Nusra, sebuah kelompok yang berkaitan langsung ke Al Queda.

    Kawasan di sebelah barat laut Suriah, tempat peristiwa bom bunuh diri berlangsung merupakan lokasi tempat aktifitas kegiatan jihad.[]

    SUMBER : RADIO AUSTRALIA

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here