More

    Indonesia Sumber Serangan Internet Terbesar di Dunia

    Ahmad Fauzan Sazli

    18 10 2013 Ilustrasi Intenet Security
    Ilustrasi : FOTO : pc-dial-a-fix.co.uk

    JAKARTA, KabarKampus – Akamai merilis laporan The State of The Intenet yang mencuplik kondisi Internet di dunia secara umum. Pada kuartal kedua 2013 ini laporan Akamai menyoroti dua hal penting, Security dan kualitas jaringan Internet (termasuk broadband).

    Disebutkan bahwa koneksi internet di Indonesia mengalami perbaikan yang cukup signifikan. Hal tersebut juga dibarengi dengan pencapaian Indonesia sebagai negara dengan sumber serangan internet terbesar di dunia.

    - Advertisement -

    Pada segmen Security, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi negara asal serangan dengan porsi 38% yang dicatat berdasarkan alamat IP. Hal tersebut cukup mengejutkan, karena naiknya Indonesia dalam daftar ini hanya berlangsung dalam dua kuartal saja. Bahkan Indonesia bahkan tidak masuk ke dalam jajaran 10 besar.

    Jika digabungan, Indonesia dan Cina merupakan sumber dari 71% serangan di Internet, jauh meninggalkan Amerika di posisi ketiga dengan hanya 6,9%.

    Laman DailySocial mengatakan, belum ada penjelasan yang pasti mengapa Indonesia tiba-tiba berhasil mengalahkan Cina yang telah bertahun-tahun menguasai daftar ini.

    Menurut mereka, dua hal yang menjadi penyebabnya adalah, pertama, tiba-tiba banyak “orang jahat di Internet” yang berasal dari Indonesia. Atau kedua sebenarnya serangan dilakukan dari negara lain, tapi menggunakan bot melalui alamat IP Indonesia.

    DailySocial beranggapan bahwa kebanyakan pengguna Internet di Indonesia masih lemah dalam pengawasan keamanan jaringannya, bisa jadi alasan kedua menjadi hal yang lebih masuk akal.[]

     

    SUMBER : Daily Social

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here