More

    Unpad Peringati Hari Sumpah Pemuda Bersama Komunitas Underground

    Ahmad Fauzan Sazli

    23 10 2013 Unpad Gandeng Komunitas Undeground Peringati Sumpah Pemuda

    Dari kiri-kanan) Bambang HermantoKepala UPT Humas Unpad  , Iman Zimbot dari Karinding Attack, Cuki dari band punk Tcukimay, Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia dan Man Jasad, personil band Jasad dan juga Karinding Attack usai jumpa pers di kampus Unpad, Bandung, Selasa (22/10/2013). Foto: Tedi Yusup

    - Advertisement -

    BANDUNG, KabarKampus – Universitas Padjajaran (Unpad) bersama Komunitas Underground Bandung akan memperigati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2013 mendatang di kampus Unpad Bandung. Kegiatan ini akan melibatkan sebanyak 300 komunitas underground di Bandung.

    Ada 3 kegiatan yang akan digelar bersama komunitas tersebut, yakni upacara peringatan Sumpah Pemuda, diskusi, serta pertunjukan musik. Untuk diskusi yang akan dibahas adalah sejarah komunitas underground, ciri-ciri, dan segala hal yang terkait dengannya. Selain itu akan ada  workshop membuat gaya rambut mohawk yang menjadi ciri khas dari komunitas underground.

    Sementara untuk pertunjukan musik, ada beberapa band yang akan tampil yaitu Jasad dari genre deathmetal, Tcukimay dari genre punk, Outsider dari genre hardcore, Punklung, serta Karinding Attack.

    Prof. Ganjar Kurnia, Rektor Unpad mengatakan, pada tanggal 28 Oktober nanti, Unpad sebagian akan dipenuhi oleh beberapa teman dari kaum deathmetal, hardcore, dan punk. Unpad sengaja memilih memperingati momentum Sumpah Pemuda bersama kaum underground karena ingin mengubah image tentang komunitas tersebut.

    Menurutnya, selama ini selalu ada jarak sosial terhadap komunitas tersebut padahal Kota Bandung merupakan kota terbesar ketiga di dunia yang memiliki komunitas underground.

    “Oleh karena itu, kita ingin mengetahui kultur, ideologi dan definisi kesejahteraan di mata mereka. Mungkin, mereka punya pandangan berbeda terhadap konsep nasionalisme. Ini juga merupakan bagian dari apresiasi kita terhadap kegiatan kesenian,” papar Rektor dalam konferensi pers di kampus Unpad, Bandung, Rabu, (22/10/2013).

    Menurut Rektor, dalam kegiatan ini mereka juga akan mengundang teman-teman dari Antropologi, Fakultas Psikologi, FH, BEM Kema, serta Pemkot Bandung . Acara peringatan Sumpah Pemuda bersama kaum underground ini akan digelar pada Senin (28/10/2013) di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Bandung mulai pukul 15.30 WIB.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here