More

    Prodi Ilmu Kimia UII, Satu-satunya PTS dengan Prodi Terakreditasi A di Indonesia

    Ahmad Fauzan Sazli

    04 10 2013 Prodi Kimia UII

    Prodi Ilmu Kimia UII. FOTO : UII

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Program Studi Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi satu-satu PTS dengan Prodi Ilmu Kimia terakreditasi “A” di Indonesia. Perolehan prestasi ini diraih setelah  BAN PT mengeluarkan SK BAN PT No.211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013 mengenai hasil akreditasi Prodi Ilmu Kimia di UII tersebut. Sebelumnya Prodi Ilmu Kimia ini pada tahun 2008 hanya memperoleh akreditasi “B”.

    Raihan akreditasi ini tentunya membanggakan bagi UII, pasalnya dari 73 Prodi Ilmu Kimia yang ada di Indonesia, hanya 10 Prodi yang memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT dan Prodi Ilmu Kimia UII menjadi satu-satunya perwakilan PTS yang berhasil meraihnya.

    Riyanto, M.Si. Ph.D, Ketua Prodi Ilmu Kimia UII mengungkapkan bahwa raihan tersebut merupakan hasil kerja keras dari segenap civitas akademika di prodinya yang meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa.

    Menurut Riyanto, beberapa komponen tersebut, antara lain tata pamong, mahasiswa dan lulusan, kurikulum, sarana prasana dan SDM, serta penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam aspek kerjasama internasional, Prodi Ilmu Kimia UII dikenal tidak hanya menjalin relasi dengan universitas di tanah air namun juga universitas asing ternama.

    “Dosen-dosen kita telah banyak terlibat dalam joint-research dengan para peneliti dari universitas lain, seperti Curtin University Australia. Jadi tidak hanya sekedar MoU namun langsung action,” tandasnya.

    Selain itu menurutnya, dosen-dosen Prodi Ilmu Kimia UII juga aktif menghasilkan berbagai penelitian dan inovasi produk kimia. Beberapa di antaranya seperti penelitian tentang minyak atsiri, bahkan telah memperoleh hak paten dan turut mendongkrak raihan akreditasi institusi UII sebelumnya.

    Sedangkan dari sisi kelengkapan sarana dan prasarana, Prodi Ilmu Kimia UII telah didukung laboratorium yang canggih dan tersertifikasi oleh lembaga internasional. “Kami memiliki laboratorium terpadu yang telah mengantongi sertifikat internasional ISO 9001:2008 dan menjadi salah satu pelopornya,”ungkap Riyanto.

    Soal kualitas lulusan prodinya, Reiyanto mengungkapkan bahwa lulusan Prodi Ilmu Kimia UII banyak diminati oleh kalangan industri sebab dinilai memiliki kualifikasi yang mumpuni. Rata-rata lulusan UII langsung terserap di dunia kerja dalam waktu kurang dari 6 bulan pasca kelulusannya. Bahkan ada pula yang telah mendapat panggilan kerja sebelum lulus.

    Riyanto menegaskan bahwa capaian membanggakan ini bukanlah hal yang instan, melainkan dicapai lewat proses dan melalui by design yang matang. Sejak berdiri pada tahun 1996, Prodi Ilmu Kimia terus memperbaiki akreditasinya dan mengakselerasi perkembangannya hingga tercapai akreditasi “A”.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here