More

    Menemukan Idealisme “Anak-Anak Revolusi”

    26 12 2013 buku anak revolusi budimanBuku ini adalah sebuah kisah tentang Indonesia dan dunia yang dilihat oleh sepasang mata. Pada mulanya ia adalah sepasang mata seorang anak. Sepasang mata yang melihat peristiwa kemiskinan dan kematian mengerikan yang mengusik jiwa polosnya.

    Peristiwa yang terekam itu membuatnya diburu pertanyaan-pertanyaan yang datang terlalu cepat pada seorang anak: “Mengapa ada kemiskinan dan mengapa cara mati seorang miskin itu mengerikan dalam rupa bunuh diri?” Pada gilirannya, si anak ini pun memburu jawaban. Ia coba mencari tahu dari orang-orang sekitar. Tak kunjung tiba jawaban yang memuaskannya. Jika pun akhirnya ada jawaban-jawaban yang datang, malah muncul pertanyaan-pertanyaan baru.

    Seiring usianya beranjak dewasa, ia pun terantuk pada buku-buku yang secara samar-samar memberikan jawaban yang dia cari-cari. Namun begitu dia merasa yakin dengan jawaban itu, dia pun terbentur realita yang getir tentang masyarakat dan negaranya.

    - Advertisement -

    Pada hampir semua buku yang dibacanya, dia diberitahu bahwa jawaban-jawaban yang bisa memuaskan dirinya hanya bisa diperoleh jika dia bisa merobohkan raksasa yang berkuasa di negerinya. Dia juga diberitahu bahwa itu tak bisa dilakukan sendirian. Itu harus dilakukan bersama-sama dengan rakyat negerinya.

    Pencarian jawaban dan pencarian guru maupun teman-teman untuk melawan raksasa itulah yang akhirnya melahirkan Anak-anak Revolusi.
    Ini adalah sebuah kisah nyata yang ditulis oleh sang anak yang sekarang sudah jadi dewasa. Buku ini ditulis bukan untuk menawarkan jawaban pasti yang sudah dia temukan, namun justru untuk mengajak kita semua mengajukan pertanyaan-pertanyaan serupa. Nyatanya kemudian si anak sadar bahwa raksasa yang berkuasa di negerinya bukanlah satu-satunya penghalang antara dirinya dengan cita-cita nuraninya.

    Perjalanan Anak-anak Revolusi belum berakhir dan dia juga tak berniat berhenti. Dia, yang jadi bagian dari anak-anak revolusi negeri ini, adalah Budiman Sudjatmiko. Dia sekarang hendak membagi pertanyaan-pertanyaan itu untuk kita semua.

    Judul Buku : Anak-Anak Revolusi
    Penulis : Budiman Sudjatmiko
    Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
    Cetakan : 2013
    Tebal : 473 halaman

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here