More

    Beasiswa Bidang Pertanian Australia Banyak Diminati

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    09 01 2014 ilustrasi beasiswa ausSarina Locke

    Ratusan pelajar di Australia yang ingin menimba ilmu di bidang pertanian mendaftar untuk mendapatkan beasiswa Horizon, yang memberikan bantuan sebanyak 5.000 dollar (Rp 53,9 juta) per tahun pada tahun 2013 lalu. Padahal, yang tersedia hanya belasan.

    - Advertisement -

    Beasiswa yang ditawarkan oleh Badan Industri, Riset dan Pengembangan Rural (RIRDC) mulai ditawarkan pada tahun 2010. Salah satu yang terbantu oleh beasiswa ini adalah Tiffany Hunt, yang akan lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Pengetahuan Rural dari University of New England (UNE).

    Hunt bekerja di properti peternakan sapi milik keluarganya di Warialda, di negara bagian New South Wales.

    “Beasiswa itu sangat membantu saya dalam menimba ilmu, tapi sebenarnya menurut saya ada manfaat yang lebih besar justru dari pelatihan-pelatihan dan pendampingan industri yang kita lakukan di Canberra, yang merupakan bagian dari beasiswa Horizon,” ceritanya.

    Beasiswa tersebut mencakupi segala bidang yang berkaitan dengan pertanian, ilmu tentang hewan atau tumbuhan, manajemen atau riset pangan.

    “Ada banyak jenis beasiswa, tapi keistimewaan beasiswa kami adalah karena besarnya 5.000 dollar per tahun, bukan hanya sekali bayar,” jelas Manajer program Horizon di RIRDC, Margo Andrae,

    “[Uang itu] langsung diberi ke para mahasiswa, jadi bisa digunakan untuk membayar biaya kuliah, biaya hidup, kadang-kadang dikirim kembali ke rumah…”

    Masing-masing pendanaan untuk mahasiswa disponsori perusahaan seperti Woolworths, atau perusahaan riset dan pengembangan. Penempatan para mahasiswa dibiayai penuh.

    “Misalnya ada seorang perempuan di daerah Cootamundra [New South Wales]  yang belajar di UNE. Ia menghabiskan 3 minggu di Wilayah Utara Australia di sebuah peternakan sapi. Kita membantunya dalam hal akomodasi, biaya perjalanan dan uang saku. Keluarganya tak akan mampu membiayai penempatan itu, tapi Ia akan belajar amat banyak.”

    Uang 5.000 dollar dalam setahun memang sangat membantu, namun masih banyak yang tak terjangkau, termasuk para pelajar di daerah pinggiran. RIRDC rencananya akan menjangkau 80 mahasiswa bidang pertanian tiap tahunnya dengan beasiswa ini. Pendaftaran ditutup bulan Januari. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here