More

    Wirausaha Muda UGM Terima Dana Rp. 200 Juta Dari Kemenkop dan UKM

    Ahmad Fauzan Sazli

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima bantuan dana sebesar Rp 200 juta dari Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk kompetisi wirausaha muda.

    Prakoso Budi Susetyo,S.E., M.M., Deputi Bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Kemenkop dan UKM RI, mengatakan pemberian bantuan ditujukan untuk menstimulasi tumbuhnya wirausaha muda di Indonesia dari perguruan tinggi termasuk UGM.  Pasalnya hingga saat ini kewirausahaan Indonesia masih lemah.  Setidaknya baru 1,65 persen angkatan kerja yang menjadi wirausaha di Indonesia.

    - Advertisement -

    “Idealnya minimal 2 persen dari angkatan kerja adalah wirausahawan. Tapi saya yakin tahun ini bisa memenuhi 2 persen itu, karena kewirausahaan nasional sudah terlihat cukup bergema di masyarakat” katanya, Senin (3/2) saat membuka seminar “Meningkatkan Pertumbuhan Pengusaha Muda Indonesia” di Auditorium Magister Manajemen UGM.

    Prakoso menyebutkan untuk mekanisme pemberian bantuan dana kepada mahasiswa UGM diserahkan secara langsung kepada UGM. Pihaknya menyediakan dana Rp. 200 juta yang akan diberikan kepada wirausaha mahasiswa UGM yang berhasil lolos seleksi.

    “Untuk pelaksanaan  seleksinya kita serahkan langsung ke UGM. Setiap usaha yang dinyatakan lolos akan diberikan bantuan dana maksimal sebesar Rp. 25 juta yang disesuaikan dengan jenis usahanya,” urainya.

    Selain itu, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI juga memberikan bantuan dana kepada wirausaha muda Indonesia yang dikompetisikan.  Setidaknya sudah 8 kabupaten di wilayah Indonesia yang menerima bantuan tersebut.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here