More

    30 Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot Tingkat Regional di Untar

    Ahmad Fauzan Sazli

    Novian Mahardika P(09523287), BarkahWahyu B.S (09523501) dan  M. Noor Fuad (09523499) dengan pembimbing Izzati Muhimmah, S.T., M.Sc., Ph.D. akan maju ke ajang KRCI dengan kategori robot cerdas pemadam api beroda. FOTO : Dokumen UII
    Ilustrasi. FOTO : Dok. UII

    JAKARTA, KabarKampus – Sebanyak 30 perguran tinggi se-Jawa Barat, Banten, dan Jakarta mengikuti  Kontes Robot Indonesia 2014 Tingkat Regional II di Kampus Universitas Taruma Negara (Untar), Jumat, (25/04/2014). Kontes ini terdiri dari 5 divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda; Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki; Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI); dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

    Menurut Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T,  Dekan Fakultas Teknik Untar yang juga sebagai Ketua Panitia KRI Regional II di Jakarta , ketentuan pertandingan KRAI-2014 mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2014, dimana setiap tim terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa dan 1 (satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan.

    - Advertisement -

    Selanjutnya, sambung Dekan Fakultas Teknik Untar itu, pemenang Juara pertama kontes Nasional KRAI-2014 akan mewakili Indonesia dalam ABU Robocon 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2014 di Pune – India.

    “Berdasarkan hasil seleksi tahap I Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2014, jumlah tim peserta yang berhasil lolos untuk Tingkat Regional II berjumlah 30 perguruan tinggi se-Jawa Barat, Banten dan Jakarta,” imbuh Agustinus.

    Sebagai tuan rumah yang ditunjuk oleh Dikti Kemendikbud untuk menyelenggarakan KRI Tahun 2014 Tingkat Regional II, Universitas Tarumanagara berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua tim dan para pendukungnya, sehingga dapat memperoleh kesuksesan pada KRI Tahun 2014 Tingkat Regional II ini.

    Adapun  seleksi yang diberi nama  Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 berlangsung secara bertahap. Tahap pertama adalah KRI tingkat regional yang digelar di Padang, Jakarta, Semarang, Malang, dan Mataram. Pemenang dari kelima Kontes Regional akan diikutsertakan dalam Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional KRI-2014 yang akan berlangsung pada tanggal 18-22 Juni 2014 di kota Yogyakarta.

    Untuk Kontes Robot Indonesia 2014 Tingkat Regional II (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat) akan berlangsung di Universitas Tarumanagara (Untar) pada 24-26 April 2014.

    Tim Robotics Untar

    Sementara itu melalui wadah bernama Robotics Untar, Universitas Tarumanagara memfasilitasi para mahasiswa yang memiliki hobi dan minat dalam dunia robot. Beragam prestasi telah diraih Robotic Untar.  Dalam KRI 2014 ini, Tim Robotics Untar akan berlaga di KRAI, KRPAI berkaki, KRSBI dan KRSI.

    Pada tahun lalu, mereka juara 1 Kontes Robot Indonesia 2013 dan Juara 2 Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki 2013 Regional II di Politeknik Negeri Jakarta, Mei 2013. Sedangkan pada Kontes Robot Indonesia 2013 tingkat nasional di Semarang, Robotics Untar meraih Juara 2 Kategori Robot Berkaki Pemadam Api dan Penghargaan Robot dengan Algoritma terbaik.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here