More

    4 Pelajar Internasional Terbunuh di Brisbane Sejak November

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Mahasiswi awal Korsel Eunji Ban (22), ditemukan tewas juga di sebuah taman di pusat Brisbane.
    Mahasiswi awal Korsel Eunji Ban (22), ditemukan tewas di sebuah taman Brisbane.

    Kematian Sophie Collombet, mahasiswi pertukaran pelajar asal Perancis, Jumat (28/3/2014) pekan lalu menambah daftar pelajar internasional yang terbunuh di Brisbane, Australia, sejak November 2013.

    Jasad Collombet ditemukan sudah tidak bernyawa di sebuah taman di pusat Brisbane, dengan cedera berat di bagian kepala. Polisi menyebut cedera ini sebagai akibat “serangan brutal”.

    - Advertisement -

    Detektif Rod Kemp mengatakan, serangan yang dialami korban ini sangat tercela. “Kita adalah adalah masyarakat yang aman, saya kira. Namun ini (korban keempat) dari kalangan mahasiswa internasional, tentu sangat merisaukan,” katanya.

    Sebelumnya di bulan Maret seorang mahasiswa asal Singapura ditikam hingga tewas, serta tahun lalu dua mahasiswa asal Korea Selatan juga tewas terbunuh. Namun sejauh ini tidak ada petunjuk apakah pembunuhan Collombet terkait dengan pembunuhan sebelumnya.

    Eunji Ban

    Mahasiswi awal Korsel Eunji Ban (22), ditemukan tewas juga di sebuah taman di pusat Brisbane, 24 November. Menurut polisi, Ban kemungkinan dibunuh saat berjalan menuju tempat kerjanya di sebuah hotel.

    Walikota Brisbane Graham Quirk menggambarkan Ban sebagai korban yang berada di tempat yang salah pada waktu yang salah.

    “Eunji harus menabung setahun agar bisa datang kemari, tanah yang baru, belajar hal baru dan meluaskan wawasannya,” katanya.

    “Kita semua merasakan dukacita ini,” tambah Walikota Quirk.

    Alex Reuben McEwan (19), telah dituntut sebagai pembunuh Ban. Kini ia berada di tahanan dan peradilannya ditunda mengingat kondisi mental tersangka.

    Min Tae Kim
    Jasad Min Tae Kim (28), juga asal Korsel, digali dari sebuah lokasi di kawasan Algester di Brisbane, 19 Desember tahun lalu.

    Kim dilaporkan hilang sejak 16 Desember usai membuat janji bertemu dengan seseorang untuk menukar uang dollar Australian sebesar 15 ribu ke dalam mata uang Korea.

    Diketahui, Kim ingin menukar uangnya ke dalam mata uang Korea karena berencana pulang ke negara asalnya. Polisi telah menetapkan pria asal Sanghyun Hwang (28) sebagai tersangka pembunuh.

    Meenatchi Narayanan
    Mahasiswi asal Singapura Meenatchi Narayan (27), ditemukan tewas dengan luka tusukan di sebuah hotel di Upper Mount Gravatt, Brisbane, pada 25 Maret lalu.

    Seorang pria berusia 31 tahun yang tak disebutkan namanya kini telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Narayan. Menurut laporan, Narayan yang mahasiswi master pada Queensland University of Technology, telah dijodohkan dengan pria yang kini jadi tersangka. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here