More

    “Roof Garden” Langkah Cerdas menghadapi Isu Pemanasan Global

    Riyadhul Badiah

    Kepedulian masyarakat akan kelestarian lingkungan harus terus ditingkatkan. Mengingat banyaknya bencana yang saat ini sedang dilanda, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktornya adalah kerusakan alam di sekitar kita. Kerusakan ini disebabkan oleh keberadaan manusia yang seharusnya menjaga alam tetapi justru memiliki kebiasaan  merusak alam. Alam yang rusak menyebabkan kurang kuatnya struktur tanah, kurangnya air tanah yang tersimpan dan banyaknya polusi udara yang tidak dapat diserap secara maksimal oleh pepohonan. Hal inilah yang dapat memicu pemanasan global yang dapat mengganggu kehidupan masyarakat dunia.

    Dampak pemanasan global dapat membahayakan kehidupan manusia. Pemanasan global akan memicu es-es di kutub utara mencair yang mengakibatkan permukaan laut akan naik. Hal ini akan menyebabkan dataran rendah terendam air sehingga banyak pulau-pulau kecil yang tenggelam. Pemanasan global juga memicu hujan asam dan iklim yang tidak menentu yang dapat menimbulkan penyakit yang rentan diderita masyarakat.

    - Advertisement -

    Tidak disadari kita telah melakukan pengrusakan alam secara terus menerus. Misalnya adalah penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Kantong plastik yang sulit diuraikan oleh tanah secara terus menerus bertambah di lingkungan tanpa kita peduli dampaknya terhadap lingkungan. Selain itu, pengalihan fungsi hutan untuk pembangunan pemukiman dan infrastruktur juga terus terjadi tanpa ada usaha untuk terus melestarikan alam. Akibatnya, lahan hijau terutama di perkotaan sangat sedikit.

    Untuk itu, konsep rumah hijau sangat diperlukan sebagai upaya melestarikan alam dan upaya untuk menghambat pemanasan global yang dapat mengancam kehidupan masyarakat dunia. Daerah perkotaan yang identik dengan keberadaan lahan sempit bukanlah alasan untuk tidak ikut serta melakukan pelestarian alam.

    Roof Garden adalah salah satu konsep rumah hijau solusi penghijauan yang saat ini sedang populer di dunia. Roof Garden adalah konsep dimana memanfaatkan lahan yang ada di rooftop sebagai taman.

    Roof Garden memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah mengurangi tingkat polusi udara di perkotaan yang berdampak pada berkurangnya kemungkinan pemanasan global dengan cara menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.

    Roof garden juga membantu peneduhan gedung dan mengurangi pemanasan yang terjadi di dalam gedung sehingga dapat mengurangi produksi CFC dari penggunaan pendingin ruangan yang dapat melubangi lapisan ozon. Selain itu, roof garden menambah keindahan bangunan dengan lahan hijaunya di tengah kota yang dapat digunakan sebagai tempat rekreasi dan bersantai selepas melakukan aktivitas. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here