More

    Butuh Enam Jam Untuk Membuat Rambut Gimbal

    Mega Dwi Anggraeni

    rambut gimbal dibuat dengan cara sederhana namun butu waktu 5 jam. Foto Mega
    rambut gimbal dibuat dengan cara sederhana namun butu waktu 5 jam. Foto : Mega Dwi Anggraeni

    BANDUNG, KabarKampus – Sosok Bob Marley merupakan salah satu musisi yang mempopulerkan model gaya rambut gimbal atau dreadlocks. Kini sejumlah orang baik laki-laki maupun perempuan meniru gaya rambut ini dan menjadikannya sebagai fashion.

    Tapi tahukah kamu, menggimbal rambut tidak serumit kelihatannya. Menggimbal juga bisa dilakukan secara otodidak.

    - Advertisement -

    Alat yang dibutuhkannya pun sederhana. Alat paling wajib yang digunakan untuk menggimbal rambut adalah jarum merenda atau hakpen. Alat ini berfungsi untuk menyasak serta menjahit rambut. Selanjutnya alat yang dibutuhkan untuk mengimbal adal gunting, sisir serta jepit rambut.

    Menggimbal juga tidak membutuhkan proses pembelajaran khusus, seperti yang dilakukan Dicky Alfarizy. Pemuda yang akrab dipanggil Docko ini mengaku mulai belajar menggimbal saat sambungan rambut gimbalnya terlepas dari rambut asli.

    Saat itu Docko sedang berada di Malaysia untuk kuliah. Berada jauh dari orang yang membantunya menggimbal, membuat Docko nekad memasang sambungan rambutnya sendiri. Cara tersebut membuatu Docko belajar mengambangkan keahliannya.

    “Sebelumnya saya melihat cara menggimbal rambut. Kemudian saya banyak lihat referensi dari berbagai situs di internet, dan akhirnya bisa sendiri,” katanya kepada Kabar Kampus.

    Meski proses dan alat-alat yang dibutuhkan lebih sederhana ketimbang peralatan salon pada umumnya, tetapi menggimbal rambut pun tidak membutuhkan waktu singkat. Untuk menggimbal  satu kepala, Docko mengaku membutuhkan waktu hingga enam jam.

    “Satu kepala biasanya menghasilkan 30 sampai 60 helai rambut gimbal, tetapi itu tergantung dari besar kecilnya diameter rambut gimbalnya,” imbuh Docko.

    Menurut Docko, ada dua teknik menggimbal rambut. Yang pertama dengan cara menyambung rambut asli dari akar rambut dengan rambut palsu. Hanya saja untuk teknik semacam ini rambut sambungan menjadi rentan lepas. Sementara teknik yang kedua menggimbal rambut asli.

    “Sebenarnya proses keduanya sama-sama disasak kemudian dijahit, hanya saja biasanya rambut gimbal yang asli lebih memiliki kebanggaan tersendiri ketimbang menggimbal dengan cara menyambung rambut,” ujarnya.

    Pemilik Dreadock Studio ini juga menambahkan, proses menggimbal bisa dilakukan jika panjang rambut sudah sampai kuping. Dengan begitu, rambut kulit kepala tidak akan terasa nyeri saat proses menyasak dan menjahit dilakukan.

    Tertantang memiliki rambut ala Bob Marley? Anda tinggal menyiapkan uang sebesar Rp 500 ribu dan datang ke Studio yang berlokasi di Jalan Bahureksa, Bandung. Hanya saja, alangkah baiknya jika membuat janji dulu dengan sang empunya Studio sebelum menyambanginya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here