More

    Pendekar Silat Unsoed Unjuk Gigi di Soedirman Championship 2014

    Ahmad Fauzan Sazli

    Ilustrasi pertadingan silat. Foto. napimaflas.blog.hu
    Ilustrasi pertadingan silat. Foto. napimaflas.blog.hu

    PURWOKERTO, KabarKampus – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sukses menggelar pesta olahraga silat. Kejuaraan antar fakultas ini digelar oleh Merpati Putih Kolat Unsoed di  Hall Lapangan Gor Bulu Tangkis Soemardjito, pada hari Sabtu lali, (03/05/2014).

    Soedirman Championship 2014 diikuti delapan fakultas yang ada di Unsoed. Terdiri dari dua kategori, yakni wiralaga dan wiraloka.

    - Advertisement -

    Wiralaga berarti pertandingan yang menampilkan 2 (dua) orang pesilat dari kubu yang berbeda. Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis, mengelak, menyerang pada sasaran, menjatuhkan dan mengunci lawan sesuai dengan peraturan pertandingan yang berlaku.

    Sedangkan Wiraloka disini yang berarti Pertandingan yang memperagakan rangkaian teknik jurus tangan kosong, golok, dan tonggak.

    Kategori wiralaga merupakan kategori yang jumlah pesertanya paling banyak yakni sekitar 39 atlet diantaranya 28 putra dan 11 putri. Sementara wiraloka diikuti sekitar 5 orang diantaranya 2 putra dan 3 putri.

    Para atlet dengan penuh semangat mempersiapkan diri dengan beragam cara, mulai dari pemanasan, tendangan pada target, bahkan sampai pernafasan.

    Kejuaraan antar fakultas ini merupakan ajang pencarian atlet silat dari Unsoed untuk ikut bertanding dari berbagai perguruan silat yang ada di Indonesia, demi mendapatkan tiket Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

    Adapun, juara lomba silat antar fakultas ini dimenangkan dari fakultas sains dan teknik dengan perolehan 4 emas dan 1 perak.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here