More

    PPI NPUST Sukses Tampilkan Kebudayaan Indonesia di Taiwan

    Ahmad Fauzan Sazli

    Dok.
    Indonesia Festival PPI NPUST

    PINGTUNG, KabarKampus – Persatuan Pelajar Indonesia Natioal Pingtung University of Science and Teknologi (PPI NPUST) menggelar acara Indonesia Festival di NPUST Pingtung Taiwan. Dalam acara tersebut mereka menampilkan sejumlah kesenian Indonesia seperti angklung dan tari-tarian dari Sumatera hingga Papua.

    Acara yang telah menginjak tahun ketiga ini mengusung tema Together in Diversity. Tema tersebut diangkat dari refleksi  makna Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini dipersembahkan untuk mahasiswa internasional dan civitas akademika di NPUST.

    - Advertisement -

    Nugroho Galih dari PPI NPUST mengatakan, acara ini menampilkan angklung sebagai persembahan utama. Selain itu terdapat juga  drama musikal Sangkuriang dan tak ketinggalan adalah makanan khas Indonesia diantaranya sate, gado-gado, dan nasi kuning.

    Ia menjelaskan, acara pamer kebudayaan Indonesia ini diikuti oleh 28 mahasiswa Indonesia yang sedang beajar di kampus tersebut. Adapun penonton yang hadir mencapai 300 orang. Para penoonton tersebut terdiri dari 50 undangan VIP dan 250 mahasiswa dan umum. Kegiatan ini juga ditayangan live streaming yang dirilis secara online.

    “Beberapa  pengunjung memberikan tanggapan tentang festival tahun ini, merasa sangat puas dan terhibur dengan hidangan makanan Indonesia dan penampilan-penampilan seni dan budaya Indonesia,” kata Galih.

    Selain penampilan dari mahasiswa asal Indonesia. Turut juga tampil dalam acara ini adalah mahasiswa dari Thailand dan Vietnam. Mereka ikut dalam  dalam tari Saman dari Aceh. Sementara mahasiswa Gambia, Malaysia, dan Amerika Latin ikut dalam tari Kecak dari Bali.

    Sebagai penampilan utama acara ini, angklung  dimainkan penuh oleh mahasiwa Indonesia sendiri dari NPUST. Berbeda dengan tahun lalu yang mengundang rekan mahasiswa dari National Cheng Kung University, Tainan. Pada tahun ini PPI NPUST telah memiliki instrumen angklung sendiri yang dibeli dengan uang kas PPI NPUST.

    Kegiatan Indonesia Festival mendapat dukungan penuh dari segenap mahasiswa NPUST, PPI Taiwan, KDEI (Kantor dagang dan ekonomi Indonesia) Taiwan, serta OISA (Office of International Student Affair) NPUST. Acara ini disponsori oleh Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taiwan, PT. Indofood Sukses Makmur devisi mie instan, warung Indonesia Borobudur, serta FORSIMASPIT (Forum Silaturahmi Masyarakat Indonesia Pingtung).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here