More

    39 Ribu Peserta Berebut Kursi SIMAK UI

    Ahmad Fauzan

    Universitas Indonesia. Foto. Ahmad Fauzan
    Universitas Indonesia. Foto. Ahmad Fauzan

    DEPOK, KabarKampus – Sebanyak 39.507 peserta  mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Pelaksanaan ujian ini digelar serentak  di 17 kota di Indonesia, pada hari Minggu, (22/06/2014).

    Para peserta ujian ini terdiri dari program pendidikan S1, S2, Profesi, Spesialis, dan S3. Adapun materi soal yang diujikan untuk program Vokasi dan Sarjana adalah kemampuan kemampuan IPA dan kemampuan Dasar (untuk kelompok IPS, IPA, IPS, dan IPC). Sedangkan materi soal program pascasarjana dan profesi adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.

    - Advertisement -

    Prof. Dr. Muhammad Anis M.Met, Rektor UI dan sejumlah pejabat rektorat lainnya meninjau langsung ke lokasi ujian di kampus UI Depok. Mereka meninjau lokasi ujian Pasca Sarjana dan ruang ujian berkebutuhan khusus.

    Prof Anis dalam kesempatan itu mengatakan, pada tahun ini mahasiswa yang diterima di UI pada program S1 Reguler melalui SIMAK UI dibebaskan dari uang pangkal (UP). Dengan demikian UP Program S1 tidak lagi dibebankan  kepad aorang tua mahasiswa

    “Ini karena UI membebankan biaya UP dari dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” terang Anis.

    Anies menjelaskan, bagi para mahasiswa UI tahun 2013/2014 baik yang lulus  melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI hanya akan dikenakan biaya uang kuliah sebesar 100 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah per semester untuk jurusan IPS. Sedangkan untuk jurusan IPA dikenakan 100 ribu rupiah hingga 7.500 ribu rupiah per semester.

    “Rentang biaya kuliah tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan tanggungan finasial orang tua mahasiswa,” ungkap Anies.

    Tahun ini program studi yang paling diminati untuk Program S1 Reguler adalah Pendidikan Dokter dengan jumlah peminat sebanyak 4.135 peserta. Sedangkan untuk Program S1 Pararel, pendaftar terbanyak adalah untuk Program Studi Ilmu Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 2.990 peserta. Sementara untuk program studi yang paling banyak diminati untuk Program Pendidikan Vokasi adalah komunikasi dengan jumlah peminat 2.045 peserta.

    Jumlah kuota SIMAK UI  dari total mahasiswa baru yang diterima di UI adalah 20 persen. Sisianya diterima melalui SNMPTN sebesar 50 perse dan SBMPTN sebesar 30 persen.

    SIMAK UI sendiri merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pedidikan di UI. Tahun ini penyelenggaran SIMA UI memasuki tahun ke enam semenjak dilaksanakan tahun 2009. Pengumuman SIMAK 2014 akan digelar pada tanggal 11 Juli 2014.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here