More

    Di Kemang, Koes Plus Tak Tergerus Zaman

    Yon Koeswoyo, Koes Plus saat manggung di Festival Palang Pintu Kemang 2014. FOTO : FRINO BARIARCIANUR
    Yon Koeswoyo, vokalis Koes Plus saat manggung di Festival Palang Pintu Kemang 2014. FOTO : FRINO BARIARCIANUR

    Sungguh tak disangka, penampilan Yon Koeswoyo (74) personil band legendaris Koes Plus tetap energik saat menghibur ribuan pengunjung Festival Palang Pintu IX di kawasan Kemang, Jakarta, Minggu malam (08/06/2014).

    Ia menyanyikan lebih dari 12 tembang lawas Koes Plus.

    Malam itu, Yon bersama musisi muda Koes Plus yang terbentuk sejak penghujung 2004, yakni Danang (gitar melodi dan keyboard), Soni (bas), dan Seno (drum) menghentak Kemang. Bersama generasi muda inilah, Yon menguatkan diri untuk tetap bertahan menyanyikan lagu-lagu terbaik Koes Plus.

    - Advertisement -

    Untuk kesekian kalinya, mereka membuktikan kembali bahwa Koes Plus adalah grup musik sepanjang zaman.

    “Kalau keyboardnya ga kenceng, bukan Koes Plus namanya, ayoo atur dulu soundnya,” kata Yon kepada pengatur sound system.

    Baju Yon terlihat basah oleh keringat bahkan salah satu senar gitarnya putus. Tapi itu tak mengurangi performa hingga lagu terakhir. Yon tampak berjingkrak-jingkrak dan berlari-lari di atas panggung. Namun setelah usai lagu ia beristirahat dengan cara menyajikan lagu-lagu bertempo lambat.

    Yon benar-benar menunjukkan dirinya sebagai bintang.

    “Sudah tua…,” kata Yon.

    Di bawah panggung, para penonton yang terdiri dari anak-anak hingga manula ikut bernyanyi bersama. Diantaranya lagu berjudul Do You Love Me, Nusantara, Kolam Susu, Cintamu T’lah Berlalu, Dara Manisku, Kisah Sedih di Hari Minggu, Diana, dan tentunya lagu Kembali ke Jakarta.

    Sampai pada lagu terakhir, para penonton dan panitia semakin banyak naik ke panggung. Tapi Yon terus bernyanyi sambil melayani penggemar yang ingin berfoto bersama. Begitu juga dengan Danang, Soni dan Seno, mereka terus bermain musik. Cukup merepotkan tapi begitulah panggung rakyat di Festival Palang Pintu Kemang.

    Dan selama pertunjukkan itu Yon tak terlihat minum! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here