More

    ITB Gelar Kompetisi Paduan Suara Internasional

    Mega Dwi Anggraeni

    PSM ITB. Foto. ITB
    PSM ITB. Foto. ITB

    BANDUNG, KabarKampus – Paduan Suara Mahasiswa (PSM-ITB) menggelar Festival Paduan Suara (FPS) XXIV ITB dan 2nd ITB International Choir Competition (IICC). Festival ini rencananya akan digelar 3 – 7 Febuari 2015.

    Festival paduan suara internasional ini memiliki sejumlah kategori. Untuk lomba FPS XXIV, panitia menyiapkan enam kategori yang dilombakan, yakni Paduan Suara Anak Setingkat SD, Paduan Suara Anak Setingkat SMP, Paduan Suara Remaja Setingkat SMA, Paduan Suara Campur (Umum), Paduan Suara Lagu Rakyat Indonesia , serta Paduan Suara Dewasa Pria dan Paduan Suara Dewasa Wanita.

    - Advertisement -

    Sementara, untuk  2nd IICC  terdiri dari Mixed Youth Choir, Adult Choir-Histotical, Adult Choir-Free, Contemporary Acapella Performance, dan Folksong Choir.

    Pada International Choir Competition ke dua ini panitia menyiapkan dua kategori baru yang dilombakan, yakni kategori Contemporary Acapella Performance. Kategori tersebut mirip dengan paduan suara, namun musik yag mengiringinya langsung dari mulut personil.

    “Acara ini juga tidak dibatasi usia. Jadi buat ibu-ibu atau bapak-bapak juga bisa berpartisipasi di festival paduan suara ini,” kata Putri Vanesia Sihombing, Ketua Panitia FPS XXIV ITB.

    Ia menjelaskan, panitia sendiri menargetkan jumlah peserta sebanyak sebanyak 70 grup paduan suara untuk kategori FPS. Sementara, untuk kategori IICC sebanyak 60 grup paduan suara.

    “ Sudah 25 persen yang mendaftar,” jelasnya.

    Adapun pendaftaran Festival Paduan Suara ini telah dibuka sejak pertengahan April 2014 dan akan ditutup pada 20 Juli 2014.

    Vanesia juga berharap partisipan dari negara lain bisa lebih banyak dari 1st IICC. Dalam kompetisi internasional yang digelar pada 2010 silam, hanya satu negara ikut berpartisipasi, yakni Filipina.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here