More

    Ratusan Mini Bus Antar Mahasiswa UBH KKN ke Berbagai Penjuru Sumatera Barat

    A. Fauzan

    Ratusan bus hantarkan ribuan mahasiswa UBH KKN ke pelosok Kenagarian di Sumatera Barat. Foto : UBH
    Ratusan bus hantarkan ribuan mahasiswa UBH KKN ke pelosok Kenagarian di Sumatera Barat. Foto : UBH

    PADANG, KabarKampus – Sebanyak 1.520 mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) dari berbagai jurusan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPN) UBH ke berbagai Kenagarian di Sumatera Barat. KKN ini akan digelar hampir selama satu bulan penuh dari tanggal 10 Juli sampai dengan 13 Agustus 2013.

    Para mahasiswa ini diberangkatkan secara simbolis oleh Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, Rektor Universitas Bung Hatta dari lapangan parkir Gedung D kampus Proklamator UBH, Kamis, (10/07/2014). Mereka diberangkatkan dengan menggunakan ratusan bus ke sejumlah lokasi KKN.

    - Advertisement -

    Adapun lokasi KKN mahasiswa berlokasi di  51 Kenagarian di enam kabupaten dan kota se-Sumatra Barat. Lokasi tersebut yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiwa.

    Niki Lukviarman mengatakan program KKN-PPM ini merupakan bentuk nyata kontribusi Universitas Bung Hatta bagi masyarakat dalam praktik tridharma perguruan tinggi. KKN ini menjadi jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat serta mampu menangani masalah kehidupan sosial, pendidikan, ekonomi, pemanfaatan teknologi yang dibutuhkan masyarakat dan memetakan potensi masyarakat dan sumberdaya alam.

    “Diharapkan mahasiswa dapat pengembangan dan melatih soft skillnya dapat belajar bersama dan bersinergi secara harmonis dengan seluruh elemen masyarakat sehingga akan menemukan banyak hal dan ide-ide baru sera mampu menularkan pemikira- pemikiran Bung Hatta,” ujarnya.

    Sementara itu, Ir. Indra Khaidir, MT, Ketua Pengelola KKN-PPM UBH 2014 disela-sela keberangkatan menyampaikan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-4 di Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema melalui KKN-PPM 2014 kita berdayakan masyarakat dalam revitalisasi koperasi dan penanggulangan bencana.

    “Selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten, serta semua peserta akan dilindungi asuransi kecelakaan dan jaminan kesehatan. Bahkan, saat KKN ada dosen yang mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat dari Dikti yang akan melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa KKN,” sebutnya.

    “Keberangkatan KKN PPM UBH tahun 2014 ini sengaja menggunakan mini bus karena para mahassiwa ini akan diantar langsung menuju tiap lokasinya mengingat akses jalan di deerah kecil sehingga bus besar sulit masuk,” tambahnya.

    Salah satu mahasiswa KKN, Putra Anugrah mengatakan semoga dengan mengikuti KKN ini kita dapat mengaplikasikan dan dapat berbagi ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan kepada masyarakat sehingga proses pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat dapat dilaksanakan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here