More

    Unas Raih Peringkat 9 Kategori PTS Se-Indonesia

    A. Fauzan

    Universitas Nasional. Foto : fauzan
    Universitas Nasional. Foto : fauzan

    JAKARTA, KabarKampus – Universitas Nasional (Unas) berhasil membuktikan kualitasnya melalui prestasi terbarunya yaitu meraih peringkat 9 dari 141 kategori Perguruan Tinggi Swasta terbaik di seluruh Indonesia pada program TeSCA (Telkom Smart Campus Award) 2014.

    Dalam program pemeringkatan yang terdiri dari delapan parameter penilaian meliputi suprastruktur Kampus, Infrastruktur Teknologi, Profil Pemangku Kepentingan, Ragam Pemanfaatan Aplikasi, Strategi Pendidikan Nasional, Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi, Komunitas Eksternal dan Adopsi Trend. Dari pemeringkatan ini, Unas berhasil memperoleh total nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu dari total nilai 3.259 menjadi 4.232.

    - Advertisement -

    “Prestasi ini patut kita syukuri. Unas telah mengikuti program pemeringkatan TeSCA  selama tiga tahun,” kata kata  Ucuk Darusalalm, ST, MT Dekan Fakultas Teknologi  Komunikasi dan Informatika (FTKI) Unas.

    Ia menjelaskan, dari tahun 2010 mereka mengikuti pemeringkatan TeSCA, tahun ini peringkat mereka melejit dan berhasil naik menjadi peringkat 23 dan merupakan peringkat 9 kategori PTS seluruh Indonesia. Total nilai yang mereka peroleh ini mengantarkan Unas bersanding dengan perguruan – perguruan tinggi besar di Indonesia seperti UI, ITB, ITS, Gunadarma, BINUS, dan lainnya.

    Lebih lanjut, Ucuk berharap dengan naiknya peringkat Unas dapat meningkatkan kepercayaan diri Unas bukan hanya dari segi fisik tapi juga psikisnya.Perguruan tinggi yang masuk kedalam 10 besar terbaik dunia, mereka tidak hanya dilihat dari fisik gedungnya saja.

    “Justru yang membuat mereka maju adalah semangat akademiknya. Apalagi Unas, kita dengan gedung yang terbilang sangat memadai, tidak terlalu mewah, tapi sederhana jika didukung dengan aktifitas akademik yang baik, ditunjang dengan TIK, kemudian ketertiban dalam integritas akademik, inilah yang akan menjadikan perguruan tinggi kita menjadi semakin besar. Besar dalam kaitannya dengan kontribusi serta sumbangsih kita bagi kemajuan masyarakat,” jelas Ucuk.

    Tidak hanya sampai disitu, Dekan FTKI Unas ini juga berharap UNAS dapat membuat sebuah Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System) untuk diterapkan dalam kepentingan Akademik masing-masing program studi di UNAS yang akan membantu mahasiswa dalam menentukan program kekhususan yang diminatinya. Tidak hanya itu, dengan diraihnya prestasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri UNAS menjadi Perguruan tinggi yang semakin besar. Besar dalam artian dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi kemajuan masyarakat melalui inovasi-inovasi pengetahuan ilmu dan teknologi yang dihasilkan.

    Telkom Smart Campus Award (TeSCA) yang merupakan program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia. Pemeringkatan TeSCA menggunakan metode “ZEN Framework” yang akan mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here