More

    Alumni UGM Serahkan 20 Butir Rekomendasi Untuk Jokowi 

    Kagama UGM DKI Jakarta menyerahkan 20 rekomendasi kepada Anies Baswedan, perwakilan , perwakilan presiden terpilih, Jokowi, di Jakarta, Jumat, (12/09/2014). Foto. UGM
    Kagama UGM DKI Jakarta menyerahkan 20 rekomendasi kepada Anies Baswedan, perwakilan , perwakilan presiden terpilih, Jokowi, di Jakarta, Jumat, (12/09/2014). Foto. UGM

    JAKARTA, KabarKampus – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DKI Jakarta menyampaikan 20 butir rekomendasi kepada Presiden terpilih Joko Widodo. Rekomendasi itu berupa pemikiran tentang artikulasi kejayaan Indonesia Raya yang diharapkan untuk bisa dipergunakan pemerintahan baru mendatang.

    Pokok-pokok pemikiran dari hasil Focus Group Discussion tersebut diserahkan kepada Joko Widodo yang diwakili oleh Anies Baswedan selaku Deputi Tim Transisi. “Ada 20 rekomendasi hasil pemikiran kita yang sesuai dengan semangat nawa cita yang diusung Jokowi-JK,” kata Budi Karya Sumadi, Ketua Kagama DKI, dalam acara Temu Kangen Alumni Kagama DKI yang berlangsung di gedung Balai Kartini, Jumat malam (12/09/2014)

    Budi menjelaskan, butir-butir rekomendasi tersebut meliputi bidang ekonomi, hukum, pendidikan, dan budaya. Pemikiran tersebut menurutnya melibatkan puluhan pakar dan alumni UGM. Namun begitu, semua hasil pemikiran lebih diarahkan pada pendekatan budaya ketimbang teknokrasi.

    - Advertisement -

    “Yang kita tekankan bukan secara teknokrasi tapi secara kultural, bersifat mengubah mental dan merubah sikap hidup masyarakat, termasuk juga perubahan pemikiran pembangunan Jawa dan luar Jawa,” katanya.

    Salah satunya menurut Budi  adalah prioritas percepatan pembangunan untuk pengentasan daerah tertinggal, terluar  dan terbelakang yang selama ini lepas dari pantauan pemerintah pusat. “Bayangkan di Jawa itu perputaran ekonomi lewat uang yang beredar hingga 57 persen, bandingkan  ekonomi yang beredar di daerah terluar tidak sampai 10 persen,” ujarnya.

    Dalam butir-butir pemikiran Kagama DKI tersebut juga mendukung untuk dibangunnya tol laut, serta keberpihakan dan perhatian pemerintah terhadap daerah perbatasan dan terluar terutama untuk pertahan dan keamanan.

    “Kita tahu di perbatasan Kalimatan Utara hanya dijaga satu batalion, ini perlu diperhatikan,” terangnya.

    Eko Budiwiyono, Ketua pelaksana Reuni Kagama DKI, menambahkan ada tiga isu pokok yang disampaikan dalam rekomendasi tersebut yakni pendidikan, kepemudaan, dan kebhinekaan. “Kita harapkan Indonesia segera menjadi bangsa yang besar dan disegani apalagi memegang tampuk kepemimpinan adalah alumnus UGM, ” katanya.

    Penyerahan hasil pemikiran ini diserahkan di sela acara temu kangen alumni UGM DKI Jakarta. Secara simbolis diserahkan oleh penasihat Kagama DKI, Bambang Kesowo, kepada Anies Baswedan. Disaksikan Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc, Rektor UGM, dan Budi Karya Sumadi, ketua Kagama DKI.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here