More

    Kecanduan Narkoba Rambah Anak Usia 11 Tahun di Pedalaman Australia

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Tingkat kecanduan narkoba kian memprihatinkan di pedalaman negara bagian Victoria, Australia.
    Tingkat kecanduan narkoba kian memprihatinkan di pedalaman negara bagian Victoria, Australia.

    Pecandu narkoba di pedalaman negara bagian Victoria, Australia, kini merambah ke kalangan usia 11 tahun, dan pihak pengadilan terpaksa mengirim mereka ke penjara karena tidak adanya program penanganan khusus bagi mereka.

    Hakim di Pengadilan Shepparton, Stella Stuthridge, mengungkapkan hal itu kepada ABC, Selasa (30/09/2014). Ia mengemukakan terjadinya peningkatan pesat pecandu narkoba jenis methamphetamine di wilayah Mildura, Seymour dan Wodonga semuanya kota pedalaman Victoria.

    - Advertisement -

    Di Shepparton, misalnya, terjadi peningkatan hampir 50 persen kasus perlindungan anak-anak, yang umumnya disebabkan oleh faktor kecanduan mereka kepada narkoba.

    “Di antaranya berasal dari keluarga yang orangtuanya juga pecandu,” katanya.

    “Kadang saya mendapati anak yang berusia 11 hingga 14 tahun, yang sudah mengalami kecanduan narkoba,” jelas Stella Stuthridge.

    Sebagai hakim, ia mengatakan, hukuman penjara merupakan pilihan terakhir yang ia pertimbangkan bagi anak-anak tersebut.

    Biasanya pengadilan akan memerintahkan anak-anak dijaga di rumah atau ditempatkan dalam pengawasan dan program pemulihan jika program semacam itu tersedia.

    Stuthridge mengatakan orang di pedalaman Victoria kini mengalami kecanduan narkoba lebih dini seperti yang pernah terjadi di Amerika di tahun 1990-an. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here